PENGARUH KETERAMPILAN PENGGUNAAN MEDIA TIK PROGRAM LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Tri Uci Nurayommila, I Dewa Putu Nyeneng, Abdurrahman Abdurrahman

Abstract


This research aimed to determine the influence of ICT media usage skills training program towards physics students achievement of students at SMA Bandar Lampung. This research was conducted at SMA Yadika Bandar Lampung and used an experimental class (XI IPA2) with total sample 33 students. Simple liniear regression test has been done to obtain the result of research. The result of this research was there was increasing contribution of the ICT media usage skills training program to physics students achievement at every meeting outcome by 29,8%; 38,9%; 53,8%. Based on result of the test that have done, there was positive influence of the ICT media usage skills training program to physics students achievement outcome by 63,2%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan penggunaan media TIK Program Latihan terhadap hasil belajar fisika di SMA Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan di SMA Yadika Bandar Lampung menggunakan satu kelas eksperimen (XI IPA2) dengan jumlah sampel 33 siswa. Dilakukan uji regresi linier sederhana untuk mendapatkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kontribusi keterampilan penggunaan media TIK Program Latihan terhadap hasil belajar fisika siswa pada setiap pertemuan sebesar 29,8%; 38,9%; 53,8%. Berdasarkan hasil uji menunjukkan adanya pengaruh positif keterampilan penggunaan media TIK Program Latihan terhadap hasil belajar fisika sebesar 63,2%.

Kata kunci: hasil belajar, media TIK program latihan, penelitian eksperimen


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ernawati, Devi. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8.0. (Online). (http://digilibuinsuka.ac.id/6344/. Diakses 11 Oktober 2014).

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnam, Muhammad. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Martiningtyas,Nining.2012. Pengertian Multimedia Interaktif. (Online).(http//:nining.dosen.narotama.ac.id/2012/02/06/pengertian-multi-media-interaktif/. Diakses tanggal 8 Oktober 2014).

Masithoh. 2007. Implementasi Metode Drill and Pactice untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Stokiometri Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cawas Sementer 1 Tahun Pelajarn 2006/2007. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Novana, Priyono, Sukaesih. 2012. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbahasa Inggris Materi Vertebrata Sebagai Suplemen Pembelajaran di SMA. Unnes Journal of Biology Education. Semarang: Unes.

Risqiyah, Hikmatin. 2011. Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis Wondershare Quiz Creator untuk Kemahiran Qira'ah dan Kitabah Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah. (Online). (http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/sastraarab/article/view/13027. Diakses 15 Oktober 2014).

Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidik-an: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Siragusa, dan Dixon. 2008. Planned behaviour: Student attitudes towards the use of ICT interactions in higher education. In Hello! Where are you in the landscape of educational technology? Proceedings ascilite Melbourne. 2008. (Online). (http://www.ascilite.org.au/-conferences/melbourne08/procs/siragusa.pdf. Diakses 8 April 2015).

Subekti, Retno. 2009. Perubahan Format Equation Sebagai Format Gambar Untuk Perangkat Lunak Bantu Wondershare Quiz Creator. (Online). (http://101.203.168.85/sites/default/files/pengabdian/retno-subekti-msc/makalah-ppm-wondershare.pdf. Diakses 11 Oktober 2014).

Wahyono, Unggul. 2008. Pengembang-an Model Pembelajaran TIK untuk Meningkatkan Pengaturan Diri dalam Belajar Siswa. (Online). (http://puslitjaknov.org/data/file/2008/makalah_peserta/63_Unggul_Wahyono_Pengembangan_Model_Pembelajaran_untuk_Meningkatkan_Kemampuan_Reflektif.pdf. Diakses 11 Oktober 2014).

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wena, Made. 2014. Strategi. Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.