PENGEMBANGAN MEDIA SAINS BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI TATA SURYA

Tomy Arifin, Undang Rosidin, Ismu Wahyudi

Abstract


This study aimed to create a science media based on education game that was integrated by facebook site on solar systems material of junior high school class VIII, as well as to determine the attractiveness, easiness, and effectiveness of science media based on educational game that was integrated with facebook. The research development model used the modified instructional development model with the following phases: requirements analysis, resource identification, identification of product specifications, product development, internal testing, external testing, production. The results showed that science media based on education game is attractive with average score of 3.05 , easy with score of 3.00, and useful with score of 3.15. Based on the results of effectiveness test, 85% of students achieve a minimum standard of completeness specified criteria, it indicated that science media as a results of development was effective to use as learning media.

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media sains berbasis game edukasi yang diintegrasikan dengan situs facebook pada materi tata surya SMP kelas VIII, serta untuk mengetahui kemenarikan, kemudahan dan efektifitas media sains berbasis game edukasi yang diintegrasikan dengan situs facebook. Model penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Instruksional termodifikasi dengan tahap-tahap berikut: analisis kebutuhan, identifikasi sumberdaya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, dan produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sains berbasis game edukasi menarik dengan skor rata-rata kelas sebesar 3,05, mudah dengan skor 3,00, bermanfaat dengan skor 3,15. Hasil uji keefektifan menunjukkan, 85% siswa mencapai standar kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan, sehingga media dinyatakan efektif untuk digunakan sebagai media belajar.

Kata kunci : game edukasi, media sains, pengembangan, tata surya.


Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fakhriyah,W,A,Muharjito, Kusairi. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Fisika Berbasis multimedia Flash CS5 Pokok Bahasan Optika Geometri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Winongan. Jurnal. UM. (1-11). (online). (http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikel8F2D5194E418E5FE218AE8F9D4BB6B15.pdf. Diakses pada 5 Maret 2014).

Gustria, Azfin. 2013. Pengembangan LKS Praktikum Listrik Dinamis Berbasis TIK Menggunakan Simulator Elektronika. Skripsi. Bandar Lampung: Unila (Tidak diterbitkan).

Kuswardayan,I, Nikensasi, P, Sunaryo, D. 2012. Rancang Bangun Permainan Edukasi Matematika dan Fisika dengan Memanfaatkan Accelerometer dan Physics Engine Box2d pada Android. Jurnal. ITS.(255-260) (online).(http://eprints.umk.ac.id/56/1/RANCANG_BANGUN PERMAINAN_EDUKASI.pdf. Diakses pada 18 Novemer 2014).

Miarso, Yusufhadi. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Novaliendry, Dony. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 Rao). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan ISSN : 2086 498. (106-118). (online). (http://jurnaltip.net/ jurnal_resource/file/10Vol6No2Sep2013Dony%20Novaliendry.pdf. Diakses pada 5 Maret 2015).

Nurkhamid, Muhammad, M, Dahlan, S, Arief. 2010. Pemanfaatan Aplikasi Jejaring Sosial Facebook Untuk Media Pembelajaran. Jurnal UMK e-prints ISSN : 1979-6870.(1-16) (online).(http://eprints.umk.ac.id/93/1/PEMANFAATAN_APLIKASI_JEJARING_SOSIAL.pdf. Diakses pada 18 November 2014).

Sukamto, Ismu. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Alat-Alat Optik Berbasis TIK . Skripsi. Bandar Lampung: Unila (Tidak diterbitkan).

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandarlampung: Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.