PENGEMBANGAN LKS PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN SIKAP SPIRITUAL SOSIAL DENGAN PENILAIAN OTENTIK

Yeni Idayanti, Undang Rosidin, Eko Suyanto

Abstract


This research aimed to develop project based learning student worksheet consisting social spiritual attitudes with authentic assessment which is attractive, easy, useful, and effective. This research used eight procedures, they were: pre- research and gathering the data, planning, developing the beginning product, testing the beginning product, revising product, testing the main field, revising the operational product, and testing the operational field. The final results showed that students cognitive and psychomotor aspect reached the mean score of 3.2 which means the students had good achievement in learning, the affective aspect including spiritual attitudes reached the mean score of 3.7 which means the students profile was very good categorize, and the social aspect reached the mean score of 3.4 which means the students had well categorize.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa project based learning bermuatan sikap spiritual sosial dengan penilaian otentik yang menarik, mudah, bermanfaat dan efektif. Penelitian ini menggunakan delapan prosedur, yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk awal, revisi produk utama, uji lapangan utama, revisi produk operasional dan uji lapangan operasional. Hasil akhir menunjukkan bahwa: aspek kognitif dan psikomotor siswa mencapai skor rata-rata sebesar 3,2 yang berarti siswa tuntas dalam belajar, aspek afektif yang meliputi sikap spiritual mencapai skor rata-rata 3,7 yang berarti profil diri dari siswa dalam kategori sangat baik, dan sikap sosial mencapai skor 3,4 yang berarti dalam kategori baik.

Kata kunci: lembar kerja siswa, project based learning, sikap spiritual sosial.


Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryanto M. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Materi Sistem Saraf pada Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa SMA Negeri I Batangan Pati. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES.

Borg, W.R. & Gall, M.D. 1989. Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Departemen Agama. 2002. Al Quran Surat An-Nisa ayat 147. Surabaya: Mahkota.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kusnandiono. 2009. Lembar Kerja Siswa. (Online), (http://kusnan-kentus.blogspot.com/2009/05/lks.html, diakses 14 Desember 2014).

Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes.

Nawasih R. 2010. Pembelajaran Pencemaran Lingkungan Melalui Metode Proyek di SMA N 4 Semarang. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES.

Nurgiyantoro, B. 2011. Penilaian Otentik. Yogyakarta: UGM Press.

Priyanto dan Harnoko.1997. Perangkat Pembelajaran. Depdikbud. Jakarta.

Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa SMP. Laporan Penelitian (Tidak Diterbitkan). Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Unila.

Samani, Muchlas dan Haryanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyanto, Eko & Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.

Trianto.2010. Perangkat Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publizer.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.