PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Abstract
This research aims (1) to create ICT-based interactive learning media appropriate with scientific approach on temperature and expansion material and (2) to reveal the effectiveness and the attractiveness of this learning media. The research procedures consist of (1) curriculum analysis, (2) flowchart making, (3) storyboard making, (4) materials collecting, (5) programming, and (6) finishing. The result showed that (1) ICT-based on interactive learning media with scientific approach on temperature and expansion material gave in a form of Compact Disc (CD) rates really helpful and easy to use, and (2) the product is also effective as a media of learning and categorized as attractive.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuat media pembelajaran interaktif berbasis TIK yang sesuai dengan pendekatan saintifik pada materi Suhu dan Pemuaian dan (2) mengungkapkan keefektifan dan kemenarikan media pembelajaran interaktif berbasis TIK pada materi Suhu dan Pemuaian yang sesuai dengan pendekatan saintifik. Prosedur penelitian meliputi (1) analisis kurikulum, (2) membuat flowchart, (3) membuat storyboard, (4) mengumpulkan bahan, (5) pemrograman, dan (6) finishing. Hasil penelitian adalah (1) media pembelajaran interaktif berbasis TIK dengan pendekatan saintifik pada materi Suhu dan Pemuaian yang dikemas ke dalam CD (Compact Disc) dengan kriteria sangat bermanfaat dan mudah digunakan, (2) produk yang dihasilkan efektif digunakan sebagai suatu media pembelajaran dengan kriteria menarik.
Kata kunci: pendekatan saintifik, pengembangan, TIK
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi @Elektro Vol.5 No. 1 hal. 11-18. (Online).(http://goo.gl/5ktcxu diakses pada 10 November 2014).
Arifin, Z. dan Setiyawan, A.. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta: Skripta Media Creative.
Darmawan, Deni. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Fauziah, R., Gafar, A., A., dan Lukman, D., H.. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal INVOTEC Vol. IX No. 2 hal. 165-178. (Online). (http://goo.gl/KJMK5F diakses pada 12 November 2014)
Nandi. 2006. Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geografi Di Persekolahan. Jurnal GEA Vol. 6 No. 1. (Online). (http://goo.gl/28I44x diakses pada 11 November 2014)
Sahri, D., R.. 2014. Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Materi Pokok Gelombang Dengan Pendekatan Saintifik. Skripsi. Bandar Lampung: Unila (Tidak Diterbitkan)
Suyanti, R., D.. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Viana, D., S.. 2013. Pengembangan Multimedia Interektif Model Tutorial pada Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis SMP/MTs. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung (Tidak Diterbitkan).
Wijaya, A. dan Surya, S., P.. 2009. Pemanfaatan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMP. Jakarta: Depdiknas.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.