PENGEMBANGAN LKS PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN SIKAP SPIRITUAL SOSIAL DENGAN PENILAIAN AUTENTIK
Abstract
This development research aims to develop students' worksheets problem based on learning of spiritual and social attitude with authentic assessment which is attractive, easy, useful, and effective. The development consist of potential and problems, data collection, product design, validity design, revision design, product test, revision product, utility test, revision product, and production. The final product has been effectively used for effectiveness based on the test results of students on 88.9% of the value that has been set at 72. The attractiveness of the product was scored of 3.55, the quality was score of 3.56, and the quality of the usefulness was score of 3.70.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa problem based learning bermuatan sikap spiritual sosial dengan penilaian autentik yang menarik, mudah, bermanfaat dan efektif. Pengembangan tersebut terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Produk akhir sudah efektif digunakan karena berdasarkan hasil uji efektivitas 88,9% siswa telah tuntas dari nilai yang telah ditetapkan yaitu 72. Produk memiliki kualitas kemenarikan dengan skor 3,55, kualitas kemudahan dengan skor 3,56, dan kualitas kebermanfaatan dengan kategori skor 3,70.
Kata kunci: lembar kerja siswa, penilaian autentik, problem based on learning, sikap spiritual sosial
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Sani, Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Anas, Muhammad. 2007. Pengantar Psikologi Sosial. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Asmani, Jamal Mamur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
De Putra, J. 2013. Inspirasi Mengajar Ala Harvard University. Jogjakarta: Diva Press.
Hosnan,M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes.
Rohaeti Eli, Widjajanti, E. Padmaningrum Tutik Regina. 2009. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Inovasi Pendidikan, vol 10. No 1. Mei 2009.
Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan untuk Memperkuat Karakter Siswa SMP. Laporan Penelitian. Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung. (Tidak Diterbitkan).
Samani, Muchlas, dan Haryanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setiono, Budi. 2011. Pengembangan Alat Perekam Getaran Sebagai Media Pembelajaran Konsep Getaran. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Unila.
Trianto. 2010. Perangkat Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Yasir, Mochhammad. 2013. Pengembangan (LKS) Berbasis Strategi Belajar Metakognitif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Manusia. Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Online Bio Edu Vol 2. No 1. Januari 2013
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.