PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF TIPE TRUE/FALSE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN EKSPLORASI FENOMENA FISIKA
Abstract
The aims of this research are to develop true/false interactive quiz type, to teach students ability on exploring phenomena of physics, to produce exciting interactive quizzes, easy and rewarding, and to describe students ability after using interactive quiz. The research method used model by Sugiyono with some steps namely: (1) problem and potential, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, (6) product trial, (7) product revision, (8) usage trial, (9) product revision and (10) production. The conclusion of this research is the interactive quizzes which has been produced is very interesting, very easy, very useful and increased learning outcomes (understanding) the ability of physics exploration phenomena with an increased normalized gain of 0,53 (medium classification).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan program kuis interaktif tipe true/false untuk melatih kemampuan eksplorasi fenomena fisika siswa; menghasilkan kuis interaktif yang menarik, mudah dan bermanfaat dan mendeskripsikan kemampuan eksplorasi siswa setelah menggunakan kuis interaktif. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan yang mengacu pada prosedur pengembangan menurut Sugiyono dengan langkah-langkah yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi. Kesimpulan yang diperoleh adalah kuis interaktif yang dihasilkan sangat menarik, sangat mudah, sangat bermanfaat dan terjadi peningkatan hasil belajar (pemahaman) kemampuan eksplorasi dengan perolehan gain ternormalisasi sebesar 0,53 (klasifikasi gain sedang).
Kata kunci: kemampuan eksplorasi, kuis interaktif, penelitian pengembangan
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhamad. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matakuliah Medan elektromagnetik. Jurnal Edukasi@Elektro. Vol 5(1), 11-18.
Bangulu, M.M. 2012. Mengembangkan Kemampuan Mengeksplorasi Warna dengan Tanaman Melalui Metode Demonstrasi pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Bougenvil Desa Leboto Kabupaten Gorontalo Utara. Sripsi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Hakim, A.,dan Rambe, D. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Denegn Menggunakan Model Pembelajaran Koopratif Tipe NHT dan Model Konvensional Pada Materi Pokok Besaran Dan Satuan. Jurnal Pendidikan Fisika Dikfis Pascasarjana Unimed. (Online). (http://dikfispasca.org/wp-content/uploads/2013/04/Artikel-Abdul-Hakim- 7-1.pdf . Diakses 23 Maret 2015).
Hernawati, Kuswari. 2009. Membuat Quis/Evaluasi dengan Wondershare Quiz Creator. (Online). (http:// staff.uny.ac.id/sites/default/kuswari-hernawati-ssi-mkom/modul-wondershare.pdf. Diakses 22 Mei 2014).
Indra, Sakti; Yuniar Mega Puspita dan Eko. 2012. Pengaruh Pembelajaran Melalui Media Animasi berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar dan Konsep Pemahaman Siswa SMA. Jurnal Exacta. Vol 10 (1), 1-10.
Naufal. 2010. Pembelajaran Interaktif dengan Wondershare Quiz Creator. (Online). (http://www.satudetik.com. Diakses 05 Mei 2014)
Noer, S.H. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi. UPI: Tidak Diterbitkan.
Ramlannarie. 2011. Pembelajaran dengan Eksplorasi. (Online). (http://ramlannarie.blogspot.com/2011/07/pembelajaran-dengan eksplorasi.html. Diakses 08 Agustus 2014).
Risqiyah, Hikmatin. 2011. Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis. Online. Wondershare Quiz Creator untuk Kemahiran Qira'ah dan Kitabah Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah. (Online). (http://karyailmiah.um.ic.id/index. Php/sastra arab/article/-view/1307. Diakses 07 Oktober 2014).
Suyanto, Eko. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.
Wahyuni, Esti. 2012. Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Siswa Terhadap Pemerolehan Belajar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Vol 7 (1), 694-710. (Online).(http://www.satudetik .com. Diakses 05 Mei 2014)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.