PENGEMBANGAN LKS MEMANFAATKAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI OPTIK FISIS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Abstract
This development research aimed to develop student worksheet by using PhET simulation for students, and described attractiveness, easiness, useful student worksheet, and effectiveness by assessment in cognitive and affective aspects at students of grade XI MIA 2 in SMA N 1 Pringsewu. Development procedure consist of the potentials and problems, gathering the data, product design, validity design, revision design, and product test. Product which had been validated, showed that student worksheet was very interesting, easy, and very useful and it was effective as learning media with percentage of the student study result more than 80% had reached the passing grade in cognitive and affective aspects.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan menggunakan simulasi PhET bagi siswa, dan mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan LKS, serta efektivitas melalui penilaian dalam aspek kognitif dan afektif pada siswa kelas XI MIA 2 di SMA N 1 Pringsewu. Prosedur pengembangan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validitas desain, desain revisi, dan uji produk. Produk yang telah divalidasi, menunjukkan bahwa LKS sangat menarik, mudah, dan sangat bermanfaat, serta produk efektif sebagai media pembelajaran dengan persentase hasil belajar siswa lebih dari 80% telah mencapai kelulusan dalam aspek kognitif dan afektif.
Kata kunci: laboratorium virtual, LKS, optik fisis, pendekatan saintifik.
Full Text:
PDFReferences
Adams,W.K.,Reid,S.,LeMaster,R.,McKagan, S., Perkins, K., Dubson, M. & Wieman, C.E. 2008. A Study of Educational Simulations Part II Interface Design. Journal of Interactive Learning Research. Vol. 19 (4), 551-577.
Ahliswiwite. 2007. LKS Berbasis Web. (Online):(http://www.ahliswiwite.files.wordpress.com. diakses 25 Juli 2014).
Choiron, M. 2013. Memanfaatkan Media ICT dalam Pembelajaran (Online): (http://www.teknologi.kompasiana.com/terapan/2013/11/28/memanfaatkan-media-ict-dalam-pembelajaran614758.html. diakses 3 Maret 2015).
Depdikbud. 2013. Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Depdikbud. 2013. Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Depdikbud. 2013. Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Imron, M. (2012). Memanfaatkan lab. Virtual.(Online):(http://www.mazguru.wordpress.com/2012/04/19/ayo-manfaatkanlaboratoriumvirtual. diakses 12 Oktober 2014).
Lailiyah, E. 2009. Perbandingan Efektivitas Metode Simulasi Javascript terhadap Demonstrasi dan Ceramah dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa untuk Materi Pemuaian dan Wujud Zat. Jurnal Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah. Vol. 1 (1), 9-13.
Nasution, K. 2013. Aplikasi Pembelajaran dalam Perspektif Pendekatan Saintifik.(Online):(http://www.sumut.kemenag.go.id/file/file/TULISANPENGAJAR/nqtx1392172430.pdf. diakses 19 Juni 2014).
Nur, M. H. R. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika yang Bersinergi dengan Media Lab. Virtual PhET pada Materi Sub Pokok Bahasan Fluida Bergerak di MAN 2 Gresik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 2 (3), 162-166.
Prihatiningtyas,S.,Prastowo T., & Jatmiko B. 2013. Implementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 2 (1), 18-22.
Podolefsky, N. S., Wendy K. A., Kelly L., & Katherine K. P. 2010. Characterizing Complexity of Computer Simulations and Implications for Student Learning. AIP Conference Proceedings. Vol. 1289 (1), 257.
Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, E. & Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Psikomotor Proses untuk SMA N 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.
The PhET Team. 2015. PhET (Intective Simulations).(Online): http://www. PhET.colorado.edu/in/. diakses 3 Maret 2015).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.