PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF TIPE MULTIPLE RESPONE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN EKSPLORASI FENOMENA FISIKA

Asih Sundari, Agus Suyatna, Feriansyah Sesunan

Abstract


The aim of this research is to describe and determine the increasing of students understanding to the ability of exploration after interactive quizzestraining Multiple Respone type. The procedure of development are: analysis of the needs and characteristics of the students, formulating learning goals, formulating particles of matter, drafting/script media, prepare evaluation instrument, expert validation, test and revision, and final products. The conclusion of this research is it has been produced an interactive quizzes and there is an increasing on the learning outcomes (understanding) on the ability of physics exploration phenomena with an increase normaly gain of 0.54 (medium classification).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan pemahaman terhadap kemampuan eksplorasi siswa setelah pelatihan kuis interaktif tipe Multiple Respone. Prosedur pengembangannya yaitu: analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan butir-butir materi, menyusun naskah/draft media, menyusun instrumen evaluasi, validasi ahli, uji coba/tes dan revisi, dan produk akhir. Kesimpulan yang diperoleh adalah dihasilkan kuis interaktif dan terjadi peningkatan hasil belajar (pemahaman) kemampuan eksplorasi fenomena fisika siswa dengan perolehan peningkatan gain ternormalisasi sebesar 0,54 (klasifikasi gain sedang).

Kata kunci: fenomena fisika, kemampuan eksplorasi, kuis interaktif, multiple respone


Full Text:

PDF

References


Chandra, Rendik Uji R dan Bety Nur Achadiyah. 2014. Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Mata Pelajaran Akuntansi SMA Brawijaya Smart School (Bss). Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia. Volome 12 No 1. Malang: Universitas Negeri Malang. (Online).(http://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/27062. diakses 26 Februari 2015).

Ernawati, Devi Kunti. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8.0.(Online). (http://digilib.uin-suka.ac.id/6344/. diakses 11 Oktober 2014).

Johari, Joy. 2013.Pengertian Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi Dalam Pembelajaran.(Online). (http://petir-fenomenal.blogspot.com/2013/03/pengertian-eksplorasi-elaborasi-dan.html. diakses 07 Oktober 2014).

Manenggelo, Dedi Dekson, Djeli Tulandi, dan Ch Medellu. 2014. Eksplorasi Fenomena Alam Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Imajinatif Dengan Pola Belajar Individu. JSME MIPA UNIMA. Volume 2 No 9. Manado: Universitas Negeri Manado. (Online). (http://ejournal.unima.ac.id/index.php/jsme/article/view/5914. diakses 25 Februari 2015).

Noer, S.H. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi. UPI: Tidak Diterbitkan.

Rusman, Deni Kurniawan, dan Cepi Riyana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sadiman, Arief .S, R. Raharjo, Anung Haryono, dan Rahardjito. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatanya. Jakarta:Pustekom dan Raja Grafindo Persada.

Saputra, Wawan, Bambang Eka Purnama, dan Endang Puji Rahayu. 2012. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Speed-Sentra Penelitian Engineering. Volume 9 No 1. (Online). (http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/865. diakses 26 Februari 2015).

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar LKS Fisika dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Wahyuni, Esti. 2009. Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Siswa Terhadap Pemerolehan Belajar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Volume 7 No. 1. Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak. (Online). (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/338. diakses 26 Februari 2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.