PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERORIENTASI LITERASI SAINS PADA MODEL PEMBELAJARAN EXCLUSIVE
Abstract
This research aimed to produce integrated science learning devices in the form of syllabus, RPP, LKS, and student book oriented science literacy by usingEXCLUSIVE learning model. This research used research and development (R&D) method with implementation procedure referenced on the research design development of instructional media by Borg and Gall that were consisted of eight steps, that is: (1) potential and problem; (2) data collection; (3) product design; (4) design validity; (5) design improvement; (6) product trials; (7) product revision; and (8) usage trials. The learning devices were declared effective based on the success of students reached the completeness criteria in terms of cognitive, affective, and psychomotor, and then it were declared attractive based on questionnaire analysis results.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran IPA terpadu berupa silabus, RPP, LKS, dan buku siswa yang berorientasi literasi sains dengan menggunakan model pembelajaran EXCLUSIVE. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan prosedur pelaksanaan mengacu pada desain penelitian pengembangan media instruksional oleh Borg and Gall yang terdiri dari delapan langkah, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) mengumpulkan informasi; (3) mendesain produk; (4) validasi desain; (5) perbaikan desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) uji coba pemakaian. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dinyatakan efektif berdasarkan keberhasilan siswa mencapai kriteria ketuntasan dari segi kognitif, afektif, dan psikomotorik serta dinyatakan menarik berdasarkan hasil analisis angket.
Kata kunci: literasi sains, model pembelajaran exclusive, penelitian pengembangan, perangkat pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman., Wini Tarmini., dan Budi Kadaryanto. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berorientasi Kemampuan Metakognitif untuk Membentuk Karakter Literate dan Awareness bagi Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Rawan Bencana. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. UNS-Solo.
Akbar, Sadun. 2012. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda.
Haristy, Djuniar R., Eny Enawaty, dan Ira Lestari. 2013. Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Pontianak. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.
Hendriani. 2014. Pengaruh pembelajaran IPA terpadu terhadap pengembangan literasi sains siswa SMPN 3 Cimahi dan SMPN 1 Lembang. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.
NSTA. 2006. Literacy in Science: A Natural Fit Promoting Student Literacy Through Inquiry. (On line). (http:// http://science.nsta.org/ enewsletter/2007-07/tst0602_22.pdf. Diakses 13 Februari 2015).
PISA. 2006. Science Competencies for Tomorrows World Volume 1-analysis.OECD. (On line). (www.oecd.org/statistics/statlink. Diakses 13 Februari 2015).
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.
Toharudin, Uus., Sri Hendrawati., dan Andrian Rustaman. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humainora.
Wiliyanti, Vandan., Eko Suyanto., dan Abdurrahman. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Model Pembelajaran Exclusive. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 2. No 3.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.