PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF TIPE FILL IN THE BLANK UNTUK MELATIH KEMAMPUAN EKSPLORASI FENOMENA FISIKA

Munirul Ikhwan, Agus Suyatna, Feriansyah Sesunan

Abstract


This development research aims to create an interactive quiz fill in the blank type to practice exploration ability of physics phenomena in student of senior high school. Method of development include requirements analysis, design, development, implementation and evaluation. Based on the results of field tests, interactive quiz program declared effective to train exploration ability of physical phenomena. Products are judged attractive and easy to operate.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk membuat program kuis interaktif tipe fill in the blank untuk melatih kemampuan eksplorasi fenomena fisika pada siswa SMA. Metode pengembangan meliputi analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil uji lapangan, program kuis interaktif dinyatakan efektif untuk melatih kemampuan eksplorasi fenomena fisika. Produk dinilai menarik dan mudah dioperasikan.

Kata kunci: eksplorasi fenomena fisika, kemampuan eksplorasi, kuis interaktif tipe fill in the blank.


Full Text:

PDF

References


Aniqotunnisa, Siti. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Kuis Interaktif Nahwu Berbasis Macromedia Flash 8 Sebagai Sumber Belajar Mandiri Di Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qoyyim Putra Kelas VIII. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hernawati, Kuswari. 2009. Membuat Quiz Evaluasi dengan WonderShare Quiz Creator. Skripsi. Fakultas MIPA UNY. Yogyakarta.(online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/kuswari-hernawati-ssimkom/modul wonder-share. pdf Diakses 28 Oktober 2014).

Johari, Joy. 2013.Pengertian Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi Dalam Pembelajaran. (online), (http://petirfenomenal.blogspot.com /2013/03/ pengertian-eksplorasi-elaborasi-dan.html. diakses 07 Oktober 2014 pukul 22.25 WIB).

King, A. 1995. Designing the instructional process to enhance critical thinking across the curriculum: Inquiring minds really do want to know: Using questioning to teach critical thinking. Teaching of Psychology, 22 (1), 13-14.

Pradhana, Dewangga. 2011. Mengembangkan kemampuan mengeksplorasi warna dengan tanaman melalui metode demonstrasi pada Anak kelompok b di taman kanak-kanak bougenvil Desa Leboto Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Gorontalo: Jurnal Pendidikan PG Paud FIP UNG.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Setyawan, A. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Komputer dengan Macromedia Flash 8 untuk Sekolah Menengah Atas Pokok Bahasan Hukum Newton tentang Gerak. Skripsi. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Suryadi, Ace. 2007. Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Universitas Krisna Dipayana. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Vol 8. No 1. 83-98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.