PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN PROYEK PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU MELALUI SCIENTIFIC APPROACH

Febriana Andita Pradana, Undang Rosidin, Chandra Ertikanto

Abstract


Project assessment is one of the assessment model on curriculum in 2013. In the implementation, the project assessment has disadvantages, namely the unavailability of appropriate reference or rubric to assess the project. Based on these issues, instrument of project assessment was developed in integrated science teaching by scientific approach. The aim of this research is to develop the products in the form of project assessment tools, as well as to determine the suitability, ease and expediency product assessment tools in integrated science teaching through the approach. Scientific assessment development begins with an analysis of the needs of the project, create the initial design of the product and validated. Product test results showed that the assessment of the project on integrated science teaching in accordance with the scientific approach and has a value of conformity with a score of 3.06 (corresponding), the ease with a score of 2.97 (easy to use) and expediency with a score of 3.16 (helpful).

Penilaian proyek merupakan salah satu model penilaian dalam kurikulum 2013. Dalam pelaksanaannya, penilaian proyek memiliki kendala, yaitu belum tersedianya acuan atau rubrik yang tepat untuk melakukan penilaian proyek. Berdasarkan masalah tersebut, perangkat penilaian proyek dikembangkan pada pembelajaran IPA terpadu melalui scientific approach. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa perangkat penilaian proyek, serta untuk mengetahui kesesuaian, kemudahan dan kemanfaatan produk perangkat penilaian pada pembelajaran IPA terpadu melalui scientific approach.Pengembangan perangkat penilaian proyek diawali dengan analisis kebutuhan, membuat desain awal produk dan validasi ahli. Hasil uji produk menunjukkan bahwa perangkat penilaian proyek pada pembelajaran IPA terpadu telah sesuai dengan scientific approach serta memiliki nilai kesesuaian dengan skor 3,06 (sesuai), kemudahan dengan skor 2,97 (mudah dalam penggunaan) dan kemanfaatan dengan skor 3,16 (bermanfaat).

Kata kunci: pembelajaran IPA terpadu, penilaian proyek, scientific approach


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iryanti, Puji. 2004. Penilaian Unjuk Kerja. Yogyakarta: Depdiknas.

Kemendikbud. 2013. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Depok: Rajagrafindo Persada.

Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.

Rosidin, Undang. 2010. Buku Ajar Penilaian Otentik. Bandarlampung: Unila.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyarsi, Antuni. 2009. Penilaian Proyek sebagai Implementasi Authentic Asessment untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Kerja Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kimia FMIPA UNY. Yogyakarta: UNY.

Yasin, Sanjaya. 2012. Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam dan Karakteristik bidang Kajian Ilmu IPA. (On line). (http://www.sarjanaku.com/2012/09/pengertian-ilmu-pengetahuan-alam-dan.html. Diakses 17 Februari 2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.