PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROBLEM POSING PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

Sandi Dwi Cahyo, I Dewa Putu Nyeneng, Eko Suyanto

Abstract


Media can be used to deliver message in learning and bring positive effect on interest, motivation, and learning outcome of the student. Therefore, this research has purpose to develop student worksheets that use problem posing method to exercise mastery of concept of class XI students of SMAN 1 Purbolinggo. This development is adapting media development model from Suyanto and Sartinem (2009 ) which includes seven stages. After testing the product, it is obtained that student worksheets are interesting and useful. Based on effectively testing, it is obtained that 80% tested students are pass from Standard Minimum Score. So, student worksheet is feasible and effective to be used as a medium of learning. This research is resulting product in the form of student worksheets by applying the problem posing method.

Media dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dalam pembelajaran dan membawa pengaruh positif terhadap minat, motivasi, dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan menggunakan problem posing untuk latihan penguasaan konsep siswa kelas XI SMAN 1 Purbolinggo. Pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan media Suyanto dan Sartinem (2009) yang meliputi tujuh tahapan. Setelah dilakukan uji coba produk, diperoleh bahwa LKS menarik dan bermanfaat. Berdasarkan uji keefektifannya, diperoleh bahwa 80% siswa uji telah tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal. Jadi, LKS layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini memperoleh produk berupa LKS dengan menerapkan metode problem posing.

Kata kunci: lembar kerja siswa, penelitian pengembangan, problem posing


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidkan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. BSNP. Jakarta.

Hajar, Mohammad Nurul. 2001. Problem Posing (Belajar dari Masalah Membuat Masalah). Studi Pustaka. Bandung.

Ningsih, Fitriyani April. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bermuatan Karakter pada Materi Cahaya. Skripsi Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Priyantono, Sumar. 2010. Pengembangan LKS Fisika dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Listrik Dinamis. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Sadiman, A.S., dkk.. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Pustekom dan Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif (Konsep, Landasan, dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). Kencana. Jakarta.

Waluyo, Era Budi., Mintohari. 2013. Penerapan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa SD. JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216. http://ejournal. unesa.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 The Author, Published by Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung. This is an open access article under the CC BY-NC-SA license.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.