PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL PEMBELAJARAN OPTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Abstract
The development of this research was to make a multimedia tutorial with Macromedia Flash Proffesional 8th on learning Optics for senior high school. The procedures of this research were analyzing of needed, identifying of resources, identifying of product specifications, developing of products, testing of product feasibility (internal test), testing of user beneficial products (external test), and also the final producting. Products had been tested by design experts, material experts and students. The external results showed that the products are interesting, easy to use, and useful. The cognitive of the pupils result show that the developing of optics multimedia tutorial learning is effective and useable to be used as a media of learning.
Penelitian pengembangan yang dilakukan yaitu membuat multimedia tutorial dengan Macromedia Flash Professional 8 pada pembelajaran Optik untuk SMA/MA. Prosedur pengembangan meliputi analisis kebutuhan, mengindentifikasi sumber daya, mengindentifikasi spesifikasi produk, pen-gembangan produk, uji kelayakan produk (uji internal), uji kemanfaatan produk oleh pengguna (uji eksternal), dan produksi. Produk yang dikembangkan telah diuji oleh ahli desain dan ahli materi serta diujicobakan pada siswa. Hasil uji eksternal menunjukkan bahwa produk yang digunakan menarik, mudah di-gunakan, dan bermanfaat. Hasil belajar siswa menyatakan bahwa multimedia tutorial pembelajaran optik yang dikembangkan efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: pendekatan saintifik, pengembangan multimedia, tutorial
Full Text:
PDFReferences
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa
Dwi, Kukuh. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat Mijil Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash Professional 8 untuk Siswa. http://eprints.uny.ac.id/8338/BAB%202-08205244064.pdf. Diakses 14 November 2013
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan.
Mayoka. 2011. Landasan Teori Tutorial. http://repository.usu.ac.id/bitstream/12345678/27980/3/Chapter%20II.pdf. Diakses 11 November 2013
Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan No. 69 2013 tentang KD dan Struktur Kurikulum SMA-MA. Jakarta: Kemdikbud Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru. Jakarta: CV. Novindo Pustaka Mandiri
Rahayu, Sri. 2013. Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Berhitung Melalui Penggunaan Media Permainan. Repository-.upi.edu/3943/.../S_PAUD_0701540_Title.p/. Diakses 11 November 2013
Rarahilwa. 2011. Multimedia dan Pemanfaatannya dalam Proses Pendidikan. http://rarahilwa-.weebly.com/5/post/2011/12/multimedia-dan-pemanfatannya-dalamprosespendidikan.htmlv. Di akses 17 Juni 2014
Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Tidak diterbitkan
Yudhiantoro, Dhani. 2006. Membuat Animasi Web dengan Macromedia Flash Professional 8. Surabaya: Andi Yogyakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.