PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA MODEL GI DENGAN STAD MELALUI METODE EKSPERIMEN

M. Abdul Aziz H., I Dewa Putu N, Eko Suyanto

Abstract


This study has a purpose to know: 1) The differences in physics learning outcomes of students’ through cooperative learning GI (Group Investigation) and STAD (Student Teams Achievement of Division) with experimental method. 2) The higher average study result between cooperative learning GI and STAD with experimental method. This study used a quasi experimental design. The instrument to collect data was a test, which consists of 10 questions for 70 students. The results showed: a) There are differences in the study result of students through cooperative learning GI and STAD with experimental method, b)The average study result, which uses cooperative learning GI is more higher than STAD.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar fisika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dan STAD (Students Teams Achievement Of Division) dengan metode eksperimen. 2) rata-rata hasil belajar yang lebih baik melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI dan STAD dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan Quasi eksperimental design. Alat pengumpul data berupa tes soal sebanyak 10 soal kepada 70 siswa. Hasil penelitian menunjukkan; a) ada perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI dan STAD dengan metode eksperimen, b) rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan STAD.

Kata kunci: group investigation, hasil belajar, student team achievement of division


Full Text:

PDF

References


Ibrahim dkk, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya.

Mariyana, Neli. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Discovery untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi. Bandar Lampung. Unila (Tidak diterbitkan).

Pratama, Moch. Hendy Bayu. 2007. Perbandingan Penerapan Pembelajaran Konvensional Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pencapaian Kognitif Pada Siswa A Kelas VII B Dan VII SMP Negeri 28 Surabaya. Skripsi. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya. (Tidak diterbitkan).

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Sitirohana. 2010. Metode Eksperimen Dalam Proses Pembelajaran. (Online). (http://blog.umy.ac.id/siti rohana/2011/12/01/metode-eksperimen-dalam-proses-pembelajaran. diakses 12 Desember 2011)

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito: Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.