PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN
Abstract
The purposes of this research were to develop a science learning multimedia product containing divinity value and love for the environment and to know, the effectiveness, the attractiveness, the easiness, and the usefulness of the product. This development was started by need analysis and sources identification. Then, formulated first manuscript based on learning purposes and product identification, and developing the product. The result of the internal testing by design and matter experts stated that media was proper to be used as a learning media. The result of the external testing by users showed that the quality of the media learning was: very attractive, easy to be used, very useful and effective to be used as a learning media with cognitive result percentage was 81,81% of students had completed the Standard of Achievement Score.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk multimedia pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan serta mengetahui efektifitas, kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan produk yang dikembangkan. Pengembangan ini diawali dengan analisis kebutuhan dan identifikasi sumber daya. Selanjutnya merumuskan naskah awal berdasarkan tujuan pembelajaran dan identifikasi produk, kemudian mengembangkan produk. Hasil uji internal oleh ahli desain dan ahli materi menyatakan media pembelajaran layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji eksternal oleh pengguna menunjukkan kualitas media pembelajaran: sangat menarik, mudah digunakan, dan sangat bermanfaat serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran dengan persentase hasil belajar sebesar 81,81% siswa telah memenuhi KKM.
Kata kunci: kecintaan terhadap lingkungan, multimedia pembelajaran, nilai ketuhanan
Full Text:
PDFReferences
Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Damiyati, Zuhdan, dan Muhsinatun. 2013. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Yogyakarta: Multi Presindo
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia.(online), (http:pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php. 10 Mei 2013).
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Hadiwinarto. 2010. Penajaman Penilaian Karakter dan Budi Pekerti. Solo: PT. Bahana Media Wirayuda
Hartati, Risa. 2011. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK menggunakan Pendekatan Konstruktivitas untuk Meningkatkan Minat, Aktivitas, dan Hasil Belajar.(Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung (Tidak Diterbitkan).
Ma’mur, Jamal. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan SK Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.
Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, Dedi. 2005. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung: Rosda karya
Suyanto, Eko. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandarlampung
Thabrani, Suryanto. 2006. Buku Latihan Membuat Efek Khusus dengan Flash MX 2004. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
___________.2011. Buku Latihan Membuat Efek Khusus dengan Flash Profesional 2008. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Uno, Hamzah B. 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.