PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN
Abstract
The purposes of this research were to produce science learning video in divinity and loving environment value contents for SMP/MTs students, to see the effectiveness of the product and to know the student’s responses about the product. The method of this research used research and development (R&D) method. The trial of the product consisted of one on one test and field test. This research produced the learning video “Perubahan di Sekitar Kita” in divinity and loving environment value contents which is containing physics changes, chemical changes, pollution, and global warming. The results of this research indicated that video were very interesting, very easy to use, and very useful. This learning video was declared effective to use as a multimedia learning based on N-gain average of 0,57 (medium category) and 80 % of students completed KKM result study from the test with average 78,67.
Tujuan pengembangan ini adalah: (1) menghasilkan video pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan bagi siswa SMP/MTs, (2) melihat efektivitas produk, dan (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap produk. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan atau research and development. Uji coba terdiri dari uji coba satu lawan satu dan uji lapangan. Dalam pengembangan ini, dihasilkan video pembelajaran “Perubahan di Sekitar Kita” bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, yang mencakup materi perubahan fisika, perubahan kimia, pencemaran, dan pemanasan global. Hasil uji coba menunjukkan bahwa video pembelajaran sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat. Video pembelajaran dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan N-Gain rata-rata sebesar 0,57 (kategori sedang) dan 80% siswa uji tuntas KKM dengan hasil belajar rata-rata 78,67.
Kata kunci: nilai kecintaan terhadap lingkungan, nilai ketuhanan, pembelajaran sains, pengembangan, video.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Ayuningrum, Fiskha. 2012. Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Siswa Kelas X pada Kompetensi Mengolah Soup Kontinental di SMK N 2 Godean. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Faiz, Irsyam. 2013. Kurikulum 2013 lebih Religius. (Online), (http://www.suaramerdeka.com, diakses 13 Oktober 2013).
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.
Munir. 2012. Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Riyana, Cheppy. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Rosidin, Undang .2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan untuk Memperkuat Karakter Siswa SMP. Laporan Penelitian. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Tidak diterbitkan.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedadogia.
Suyanto, Eko. dan Sartinem. 2006. Penguasaan Teori dan Praktik Membuat Skenario Pembelajaran Mikro. Makalah Mata Kuliah. Bandarlampung: Universitas Lampung. Tidak diterbitkan.
Viyanti. 2012. Metodologi Pembelajaran. Diktat. Bandarlampung: Universitas Lampung. Tidak diterbitkan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.