PENGARUH KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MODEL LATIHAN INKUIRI
Abstract
Based on observations, teachers still emphasized only on the provision of subject matter, yet the manner in which equip the students with the Science Process Skills (SPS). This was thought to be the cause of low student learning outcomes. The purpose of this study was to determine whether or not the effect of SPS on student learning outcomes in Inquiry Training Model (ITM) learning.This study was a quasi-experimental study. Data collection was conducted by using tests and non-test (observation) which used a booklet achievement test (post-test) and SPS observation sheet. The analysis used is the Simple Linear Regression Test.The results showed that t count (6.375) is greater than ttable (2.042). That means there is an effect of SPS on studentslearning outcomes in ITM learning. Based on the calculation, R Square is 57.5%, that is categorized very significant.
Berdasarkan observasi, guru masih menekankan pemberian materi pelajaran saja, belum memperhatikan cara membekali siswa dengan Keterampilan Proses Sains (KPS). Hal ini diduga menjadi penyebab hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh KPS terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Model Latihan Inkuiri (MLI). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan non tes (observasi), yakni menggunakan lembar soal tes hasil belajar (post-test) dan lembar observasi KPS. Analisis yang digunakan adalah Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung (6,375) lebih besar dari t tabel (2,042). Itu artinya ada pengaruh KPS terhadap hasil belajar siswa pada Pembelajaran MLI. Berdasarkan perhitungan, R Square diperoleh 57.5%, pengaruhnya sangat signifikan.
Kata kunci:hasil belajar, keterampilan proses sains,model latihan inkuiri
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Dahar, R.W. 1996. Teori – teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Hamdani, Dadan. 2011.Penerapan model latihan inkuiri (mli)untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran fisika sma. (online) (http://repository.upi. edu/skripsiview.php?no_skripsi=6702. Diakses 17 Juli 2012)
Indrawati. 1993. Keterampilan Proses Sains.(online). (http://www.fisikasmaonline.blogspot.com/2010/03/keterampilan-proses-sains.html. Diakses 14 Februari 2013)
Moedjiono. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka
Pravitasari, Tria. 2009.Penerapan pembelajaran inquiry training model (model latihan inkuiri) untuk meningkatkan keteram-pilan proses dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Pamekasan. (online) (http://www.library.um.ac.id/ptk/index.php?mod= detail&id= 41125. Diakses 17 Februari 2014)
Rahayu, E., H. Susanto, dan D. Yulianti. 2011. Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. (online) (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/download/2577/2630. Diakses 20 Maret 2014)
Yuniarti. 2011. Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Bumi Pustaka
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.