PERBANDINGAN HASIL BELAJAR METODE DISKUSI BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS DENGAN METODE CERAMAH
Fahruddin Fahruddin, I Dewa Putu N, Viyanti Viyanti
Abstract
The objective of this research was to find out the average differences of students’ learning results between those who used discussion method based on science generic skill and lecturing learning method. This research used true experimental design with posttest-only control design. The results showed that: a) there were average difference results of students’ who learn physic between discussions method based on science generic skill and those who used lecturing learning method; b) the students’ learning results that used discussions method based on science generic skill are higher (82.00) than those who used lecturing learning method (70.55).
Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara metode diskusi berbasis keterampilan generik sains dengan metode pembelajaran ceramah. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk True Experimental Design dengan tipe Posttest-Only Control Design. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah a). ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika antara metode diskusi berbasis keterampilan generik sains dengan metode pembelajaran ceramah. b). Hasil belajar siswa yang menggunakan metode diskusi berbasis keterampilan generik sains lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan ceramah. Dengan rata-rata nilai hasil belajar pada kelas yang menggunakan metode diskusi berbasis keterampilan generik sains 82,00 sedangkan pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran ceramah 70,55.
Kata kunci: ceramah, hasil belajar siswa, keterampilan generik sains, metode diskusi.
Roestiyah. 2008. Setrategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Saleha, S. 2009. Staf Pengajar Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin. Makassar
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT. Kencana.
Sudarmin. 2012. Keterampilan Generik Sains dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Kimia Organik. Semarang: Unnes Press
Sujianto, A. E. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustaka
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Refbacks
There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.