PEMANFAATAN MEDIA TIK SIMULASI SEBAGAI SUPLEMEN DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN ALAT UKUR DI SMP

Purwanti Budi Utami, Agus Suyatna, Viyanti Viyanti

Abstract


The purpose this reaserach is: to determine the increase in cognitive learning outcomes of students, to grow the students Science Process Skills, to form the character of students, to improve activities of the students, grow the attitudes of students who the use of simulation ICT media as supplement to demonstrate on measuring instruments. Research has been done in the first semester of 2013/2014 in SMP Negeri 1 Belalau, West Lampung. The population is every students of class VII while the samples were class VII A of 24 students. The research design used is a One-Shot Case Study.The results is use the simulation ICT media as supplement to demonstrate on measuring instruments are increase in cognitive learning outcomes of students, to grow the science process skills of the students, form the character of the students, to improve the activities of the students, and grow a positive attitudes of students.

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif, menumbuhkan KPS, membentuk karakter, mengembangkan aktivitas, menumbuhkan sikap siswa terhadap pemanfaatan media TIK simulasi sebagai suplemen demonstrasi pada pembelajaran alat ukur. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 di SMP Negeri 1 Belalau, Lampung Barat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII sedangkan sampel yaitu kelas VII A dengan jumlah 24 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan memilih 1 kelas secara random dari 6 kelas yang ada. Hasil penelitian menggunakan media TIK simulasi sebagai suplemen demonstrasi pada pembelajaran alat ukur terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa, dapat menumbuhkan KPS siswa, dapat membentuk karakter siswa, dapat mengembangkan aktivitas siswa, dan dapat menumbuhkan sikap positif siswa.

Kata kunci: aktivitas, karakter, keterampilan proses sains, media TIK simulasi, suplemen demonstrasi


Full Text:

PDF

References


Danim, Sudarwan. 2002. Media komunikasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Elmubarok, Zaim. 2007. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alphabeta.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartati, Risa. 2011. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontruktivisme Untuk Meningkatkan Minat, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Bandarlampung: Unila. Posiding Seminar Nasional Pendidikan Mipa 2011. ISBN 978-979-8510-32-8.

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Progam Pasca Sarjana Unnes. (Online),(http: //www.Duniagil.Wordpress.Com/2011/03/12/Keterampilan-Proses Dalam-Pembelajaran-Sains/21.11,24 11 2013 diakses 5Desember 2013).

Muhtadi, Ali. 2013. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: FIP UNY. (Online), (http:// www.staff.uny.id/dosen/dr-ali muhtadi-mpd diakses 20 Januari 2014).

Nuryanti, B. Lena. 2003 Aplikasi ’E-Learning’ Sebagai Proses Pembelajaran. Yogyakarta: UNY. (Online), (http://www.internetworldstats.com diakses 20 Januari 2014).

Riswanti, Rini. 2013. Hubungan Proses Belajar Mengajar Berbasis Teknologi Dengan Hasil Belajar: Studi Metaanalisis. Kediri: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri. Jurnal Pedidikan. Volume 36. Nomor 1.

Usman, Uzer. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. (Online), (http://www.mediabelajarplus.com diakses 3 Mei 2013).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.