PENGEMBANGAN PIPA PITOT SEBAGAI PERAGA PEMBELAJARAN MEKANIKA FLUIDA

Anang Suryadi, Agus Suyatna, Eko Suyanto

Abstract


Pitot Pipe teaching media for measure fluid speed was not available at SMAN Way Lima. To complete the purpose of fluid mechanic teaching media, pitot pipe teaching media was develop and provide guide book for teaching fluid concept. Teaching media and guide book development were using Suyanto procedure and combine with BSNP (2006). The procedure that consist of purpose analyse, resource identification, product spesific indentification, product developing, product testing and production. Those procedures showed that pitot pipe and guide book are compatible with teory and approprite for teaching media.

Alat peraga pipa pitot untuk mengukur laju fluida tidak tersedia di SMAN Way Lima. Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan akan peraga pembelajaran mekanika fluida, dikembangkanlah alat peraga pipa pitot beserta buku panduan penggunaannya yang dapat digunakan untuk membelajarkan konsep-konsep mekanika fluida. Pengembangan alat peraga dan bukupanduan menggunakan prosedur Suyanto dan menggabungkannya dengan BSNP (2006). Mengacu pada model pengembangan tersebut yang meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji kelayakan produk (uji internal), dan produksi. Hasil uji internal menunjukkan alat peraga dan buku panduan penggunaan yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: mengukur laju fluida, peraga pembelajaran, pipa pitot.


Full Text:

PDF

References


Fadila, Nurul. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Fisika berbasis Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Materi Hukum Newton. Skripsi. Universitas Lampung.

Lestari, Linda Puji. 2006. Keefektifan Pembelajaran dengan Menggunakan Alat Peraga dan LKS. http://digilib.unnes.ac.id.skripsi/archives/doc.pdf. Diakses pada 15 November 2012, Pukul 9.00WIB.

Sardiman, A. M. 2009 Interaksidan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sari, Oktha Permata. 2012. Pengembangan Venturi Meter Sebagai Alat Peraga Pembelajaran Mekanika Fluida. Skripsi. Universitas Lampung.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Winarti, Yayuk. 2011. Pengembangan modul interaktif materi kinematika gerak. Skripsi. Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.