ANALISIS PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KONKRIT DAN BERPIKIR FORMAL
Ahmad Naufal Umam, Nengah Maharta, Undang Rosidin
Abstract
This research aims to describe the thinking ability and mastery of the physics concept of XI IPA student with Static Fluid as material, through learning with process skills approach. In this research, the population is all students of XI IPA SMA Negeri 1 Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat year 2011/2012 with XI IPA 1 as a sample. Research Design is a quasi-experimental One Group Pretest- Posttest Design. One Way Anova is used to analyze data. Based on hypothesis testing, it was concluded that there is no difference in students' mastery of physics concepts between students with concrete thinking ability and formal thinking ability through the process skills approach of learning, and there are differences in the number of students with concrete thinking ability and formal thinking ability before and after learning through the process skills approach.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir dan penguasaan konsep fisika siswa SMA kelas XI IPA pada materi Fluida Statis yang dibelajarkan melalui pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pagar Dewa Kabupataen Tulang Bawang Barat semester genap Tahun 2011/2012 dengan kelas XI IPA 1 sebagai sampel. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan One Group Pretest-Postest Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah One Way Anova.
Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan penguasaan konsep fisika siswa dengan kemampuan berpikir konkrit dan berpikir formal melalui pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses, dan terdapat perbedaan jumlah siswa dengan kemampuan berpikir konkrit dan berpikir formal sebelum dan setelah pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses.
Kata Kunci : Pendekatan Keterampilan Proses, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berpikir
Andun dan Erman. 2001. Analisis Kemampuan Berpikir Mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan FIK Unesa. Laporan penelitian tidak diterbikan. Surabaya : Unesa
Erman. 2008. Intervensi Berkelanjutan dalam Pembeajaran IPA untuk Perkembangan Berpikir Abstrak Siswa.. Jakarta : Puspa Sarana
Erman dan Sukarmin.2002. Pengaruh Pembelajaran CMWA terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Berpikir Konkrit. Laporan penelitian
Tidak diterbikan. Jakarta
Rumiyanti, Leni. 2010. Pengaruh Tingkat Berpikir dan Cara Belajar Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Fisika pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA YP Unila. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung : Pendidikan Fisika Unila.
Santrock, John. W. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Salemba Humanika
Refbacks
There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.