PENGEMBANGAN LEMBAR PENILAIAN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Dian Tiara Wulandari, Agus Suyatna, Undang Rosidin

Abstract


This research aims to generate critical thinking skills based on assessment on matery of dynamic electricity in essay test form . The method is Research and Development, which consists of six stages of development, they are the analysis of developed products, the early of product development, the expert validation, the revision, the limited test, the product revision, and the product refinement. The source of data is physics teacher and the students of 8th grade of SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung.The assessment instrument which is developed is the assessment based on critical thinking on matery of dynamic electricity and was tested on limited scale. The result of the limited test is the assessment based on critical thinking skill this has very high attractiveness level and legibility. Based on the results of the expert validation and the teacher scoring, critical thinking skill based on assessment of the dynamic electricity material is worthily used.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan asesmen berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi listrik dinamis berupa soal tes essay. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan yang terdiri dari enam tahap pengembangan yaitu: analisis kebutuhan produk, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi, uji coba terbatas, revisi produk dan penyempurnaan produk. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fisika kelas X dan siswa-siswi kelas X8 SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Instrumen penilaian yang dikembangkan adalah asesmen berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi listrik dinamis dan diujicobakan pada skala terbatas. Hasil uji coba terbatas asesmen berbasis KBK pada materi listrik dinamis ini memiliki tingkat kemenarikan dan tingkat keterbacaan yang tinggi. Berdasarkan hasil validasi ahli dan penilaian guru maka asesmen berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi listrik dinamis layak digunakan.

Kata kunci: asesmen, berpikir kritis, listrik dinamis, soal tes


Full Text:

PDF

References


Achmad, Arief. 2007. Memahami Berpikir Kritis Artikel Pendidikan. http://researchengines.com/ 1007arief3.html. 10 November 2012, pukul 12.54 WIB

Anisah. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran yang melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi listrik dinamis pada kelas X SMA N 1 Wonoayu (Skripsi). Surabaya:UNESA

Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta.

Astawa, Made Gusti. 2013. Pengembangan Asesmen Berbasis KPS Pada Materi Faktor-Faktor Yang Pempengaruhi Kesetimbangan Kimia (Skripsi). Universitas Lampung: FKIP

Firman, H. 2000. Evaluasi . Pembelajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Gabel, D. L. 1993. Handbook of Researce on Science Teaching and Learning. New York: Maccmillan Company.

Grounlund, N. E. 1998. Assessment of Student Achievement (9-th ed). Boston: Allyn and Bacon.

Johnson, Elaine B. 2009. Contexrual Teaching Learning (CTL). Bandung: Kaifa.

Sobur, A. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia. Stiggins, R. J. 1994. Student Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.

Subali, B. 2010. Penilaian, Evaluasi, dan Remidiasi. Yogyakarta: FMIPA.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sukadinata, N. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.