PENGARUH METAKOGNISI TERHADAP MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Made Topan Ari P, Abdurrahman Abdurrahman, Viyanti Viyanti

Abstract


Based on observations and interviews with teachers of science physics, it was known that teachers are less familiarize students to discuss a variety of phenomena in daily life related to the subject matter. The workable solution is to apply the model of problem based learning (PBL). This study aims to determine the effect of metacognition skills toward motivation and the influence of metacognition skill toward the mastery of students learning concept trough PBL model. The research was conducted at SMP N 1 Way Jepara , using one class that is VIIIB class with the sample of 32 students and using one-shot case study design. On this research could be concluded that there are the influence of metacognition skills toward students learning motivation using PBL model by 41 % and there are the influence of metacognition skills towards the mastery of student learning concept using PBL models by 19 %.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA Fisika, diketahui guru kurang membiasakan siswanya untuk mendiskusikan berbagai fenomena dalam keseharian yang berkaitan dengan materi pelajaran. Adapun solusi yang dapat dilaksanakan yaitu dengan menerapkan model problem based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap motivasi dan penguasaan konsep belajar siswa melalui model PBL. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Way Jepara, menggunakan satu kelas yaitu kelas VIIIB dengan jumlah sampel 32 siswa dan menggunakan desain one-shot case study. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh keterampilan metakognisi terhadap motivasi belajar siswa menggunakan model PBLsebesar 41% dan terdapat pengaruh keterampilan metakognisi terhadap penguasaan konsep belajar siswa menggunakan model PBL sebesar 19%.

Kata kunci: keterampilan metakognisi, model PBL, motivasi belajar, penguasaan konsep belajar


Full Text:

PDF

References


Darmiyanti, Vera. 2013. Pengaruh Keterampilan Metakognisi Terhadap Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Melalui TPS.[Online].Diakses 7 mei 2013 darihttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/696

Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Fisika Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara: Jakarta

Nurhadi, Agus Gerrad. 2003. Pembelajaran Konteksual dan penerapannya dalam KBK. Universitas Negeri Malang: Malang

Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Raja: Jakarta

Suzana, Y. 2003. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan PenalaranMatematik Siswa Menengah Umum Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif. Tesis. UPI Bandung : Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.