PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) TUTORIAL DALAM PEMBELAJARAN MATERI OPTIKA GEOMETRI

Ernisa Pratiwi, Agus Suyatna, Eko Suyanto

Abstract


Observation data of analysis needs at SMAN 1 Bandar Lampung showed that the students of class X difficulty to understand the material of geometric optics if it is delivered with verbalization and only supported by textbooks, also students need learning media the form interactive multimedia. Considering these issues, the researcher developed a tutorial interactive multimedia. Development method used consists of several steps, namely analyzing needs, formulating goals, formulating material, collate assessment instrument, write a script media, expert validation and revision, testing and revision, final product. The results showed that multimedia assist students in understanding the material of geometric optics. Thus, it can be concluded that has produced a tutorial interactive multimedia in learning of material of geometric optics and has tested in accordance with the theory of attractive quality, very easy to use, and very usable and declared effective as multimedia in learning.

Data hasil observasi analisis kebutuhan di SMAN 1 Bandar Lampung menunjukkan bahwa sulitnya siswa kelas X memahami materi optika geometri jika disampaikan dengan verbalisasi yang hanya didukung oleh buku paket dan membutuhkan media belajar berupa multimedia interaktif. Mempertimbangkan masalah-masalah tersebut, maka peneliti mengembangkan multimedia interaktif tutorial. Metode pengembangan yang digunakan terdiri dari beberapa langkah, yaitu menganalisis kebutuhan, merumuskan tujuan, merumuskan pokok materi, menyusun instrumen penilaian, menulis naskah media, validasi ahli dan revisi, uji coba dan revisi, produk akhir. Hasil uji menunjukkan multimedia yang dikembangkan membantu siswa dalam memahami materi optika geometri. Jadi, dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan multimedia interaktif tutorial materi optika geometri yang teruji sesuai teori dengan kualitas menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat serta dinyatakan efektif digunakan sebagai multimedia dalam pembelajaran.

Kata kunci: penelitian pengembangan, multimedia interaktif, optika geometri


Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Gava Media

Mutaqin, Aziz. 2011. “Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Fisika Pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa”. Skripsi. Bandung: UPI

Rusman. 2012. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Sihole, Renata. 2013. “Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kreatif Siswa pada Sistem Konsep Pertahanan Tubuh Manusia”. Skripsi. Bandung: UPI

Sadiman, Arief S., R. Raharjo , Anung Haryono & Rahardjito. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Vaughan, Tay. 2006. Multimedia: Making It Work edisi 6. Yogayakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.