Desain LKPD Berbasis Scientific Approach Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Suhu dan Perubahannya : Penelitian Pendahuluan

Rika Anggraini, Kartini Herlina, I Dewa Putu Nyeneng

Abstract


The purpose of this research is to analyze the teacher and the student’s needs for supporting learning media as the student worksheet and to offer worksheet design for supporting media learning activities based on scientific approach focused on the students’ creative thinking skills. The method of this research is research development model Borg and Gall with 10 steps but this research was done until third steps due to limited time and budgeting. The techniques are the questionnaires and observation method. The need analysis result from SMPN 2 Tulang Bawang Udik through student questionnaire of seventh grade in the percentage 71,42% and teacher questionnaire in the percentage 76,47% stated that the student worksheet based on scientific approach as supporting media for learning activities needs to develop to make easier understanding learning material. Observation method is done to know the facility and infrastructure in this school. The Observation result declared that student worksheet that is used still comes from the Department of Education’s textbook. The designs of student worksheet are a) cover; b) forward; c)content list; d) usage direction; e) main competence; f) basic competence, g) indicator; h) content of student worksheet; i) material resume; j) evaluation; and k) references. The student worksheet contains the 5M steps of learning (observing, questioning, experimenting, logical reasoning, and communicating) and also the indicator of creative thinking skills that include sensitivity, fluently, attractively, originality, and elaboration.

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan guru dan siswa dengan adanya media penunjang kegiatan pembelajaran berupa LKPD dan menawarkan desain LKPD sebagai penunjang dalam pembelajaran berbasis pendekatan scientific berfokus pada keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang memuat 10 langkah, namun pada penelitian ini dibatasi sampai 3 langkah saja dikarekana keterbatasan waktu . Teknik pengumpulan data digunakan metode angket dan obersevasi. Hasil analisis kebutuhan di SMP Negeri 2 Tulang Bawang Udik melalui angket siswa kelas VII dengan presentase 71,42%dan angket guru dengan presentase 76,47% menyatakan bahwa LKPD berbasis pendekatan scientific sebagai media pendukung dalam kegiatan pembelajaran perlu dikembangkan untuk mempermudah siswa memahami materi pembelajaran. Metode observasi observasi dilakukan untuk mengetahui sumber daya sarana dan prasarana yang ada di Sekolah. Hasil observasi menyatakan bahwa LKPD yang digunakan masih berasal dari buku paket dari dinas pendidikan .Dan desain dari LKPD yang mungkin ditawarkan adalah a) cover; (b) prakata; (c) daftar isi; (d) petunjuk penggunaan; (e) kompetensi inti; (f) kompotensi dasar; (g) indikator; (h) isi LKPD, (i) Rangkuman materi (j) evaluasi; dan (k) daftar pustaka. LKPD ini memuat langkah pembelajaran 5M (mengamati, menanya, melakukan eksperimen, menalar dan mengomunikasikan) dan indikator keterampilan berpikir kreatif yang meliputi kepekaan (problem sensitivity), kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originally), dan elaborasi (elaboration).

Kata Kunci: LKPD, Keterampian Berpikir Kreatif Siswa, Pendekatan Scientific


Full Text:

PDF

References


Damayanti, A. 2017. Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran ExCluSiVe Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(4), 1.

Fauzan, A. 2011. Analisis Kelayakan Media Pembelajaran PErakitan Komputer Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta: Tidak diterbitkan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Konsep Pendekatan Scientific Sejarah. Makalah. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Permatasari, B. 2018. Pengembangan LKPD Berbasis POE Untuk Pembelajaran Fisika Materi Momentum dan Impuls SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 6(1), 77.

Rahmat. 2013. Mendalami Penerapan Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran. (online) tersedia: http://gurupembaharu.com/home/mendalami-penerapan-pendekatan-ilmiahdalam- pembelajaran/. Tanggal unduh 22 Januari 2019.

Sukmadinata, N. S. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kusuma Karya.

Suyanto, E dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Universitas Lampung.

Trianto. 2010. Perangkat Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Zahary, M. 2017. Pengembangan LKPD Menggunakan Pendekatan Multikultural Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Sikap Sosial Siswa. Tesis. FKIP Unila: Tidak Diterbitkan.

Zakaria, AAW. 2017. Pengembangan LKPD Berorientasi Scientific Literacy Untuk Menumbuhkan Keteramplan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Optik. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(5), 57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.