PERBANDINGAN PENGGUNAAN FEEDBACK PADA LEMBAR JAWABAN SISWA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Mustofa Abi Hamid, I Dewa Putu Nyeneng, Undang Rosidin

Abstract


Learning Physics often not reached of KKM. Inaccessibility of KKM by most of student showed less concept skill. The aims of the research (1) to investigate difference of average of students Fluid Static concept’s skill after and before being given feedback, and (2) investigate the increasing students skill of Fluid Static concept after being given feedback. Design that used Posttest-Only Control Design. Result of this research showed that there was difference average of students Fluid Static concept’s skill after and before being given feedback and there was a significant increasing student's concept skill after being given feedback by using CTL model, which increased the average score about 22%. The average score of concept skill on experimental class was 73.77 and control class was 55.74.

Pembelajaran fisika seringkali tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Ketidaktercapaian KKM oleh sebagian besar siswa menunjukkan rendahnya penguasaan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan rata-rata penguasaan konsep Fluida Statis antara menggunakan feedback dengan tidak menggunakan feedback, (2) mengetahui peningkatan penguasaan konsep Fluida Statis setelah diberi feedback. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata penguasaan konsep Fluida Statis siswa SMA antara menggunakan feedback dengan tidak menggunakan feedback, terjadi peningkatan signifikan penguasaan konsep siswa setelah diberi feedback melalui model CTL sebesar 22 %. Rata-rata nilai penguasaan konsep pada kelas eksperimen sebesar 73,77 dan kelas kontrol sebesar 55,74.

Kata kunci: umpan balik (feedback), model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL), penguasaan konsep


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Nagara, F.S. 2008. Pengaruh Pemberian Umpan Balik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran KKPI di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Bengkulu Tahun Ajaran 2008/ 2009. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Romli, M. 2011. Pengaruh Feedback Terhadap Penguasaan Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Kuasi eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Suke, Silverius. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.