PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN BENTUK TES DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Yusita Wardani, Undang Rosidin, Viyanti Viyanti

Abstract


The learning result is influenced by student critical student’s thinking ability, and can be improved by using test form. This research aims to knowing: (1) the different of learning result by using of essay test form and reasoning plural option; (2) the different learning result seen from critical thinking ability in high and low category; (3) the interaction between test form with critical thinking ability in improving learning result. The research has been held in SMP N 19 Bandar Lampung of student from class VIIIB and VIIIC. Sample technique that is used by purposive sampling. The desain of is factorial 2x2. Data to analized and tested by using Two Way ANOVA. Based on the result: (1) there is the different of learning result between using of essay test form and reasoning plural option; (2) there is the different learning result seen from critical thinking ability; (3) ) the interaction between test form with critical thinking ability in improving learning result.

Hasil belajar dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kritis siswa dan dapat ditingkatkan menggunakan bentuk tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar menggunakan bentuk tes uraian dan pilihan jamak beralasan; (2) perbedaan hasil belajar dilihat dari kemampuan berpikir kritis kategori tinggi dan rendah; (3) interaksi antara bentuk tes dengan kemampuan berpikir kritis dalam peningkatan hasil belajar. Penelitian dilaksanakan di SMPN 19 Bandar Lampung kelas VIIIB dan VIIIC. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling. Desain penelitian ini adalah Factorial 2x2. Data dianalisis dan diuji menggunakan analisis varian dua jalur (Two Way ANOVA). Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara menggunakan bentuk tes uraian dan pilihan jamak beralasan; (2) terdapat perbedaan hasil belajar dilihat dari kemampuan berpikir kritis; (3) terdapat interaksi antara bentuk tes dengan kemampuan berpikir kritis dalam peningkatan hasil belajar.

Kata kunci: Bentuk tes, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2008. Panduan Penulisan Butir Soal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmasari, Yuli. 2012. Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Swadhipa 1 Natar. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jaelani, Ahmad. 2009. Tes Objektif Beralasan (TOB) Studi Eksperimen Penggunaan Alat Evaluasi pada Mapel Kimia di MAN 3 Kediri. Jurnal. Surabaya: Badan Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Surabaya. [Network] diakses 2009 dari http://bdksurabaya.kemenag.go.id/file/dokumen/TESOBJEKTIFBERALASANJaelani.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Nafah, Isti. 2010. Pengaruh Perbedaan Bentuk Tes dalam Evaluasi Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Bahasa Indonesia. Skripsi. Surabaya: UNS. [Network] diakses 24 November 2010 dari http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/92.

Saputri, Novika. 2010. Pengaruh Fasilitas di Rumah dan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Fisika melalui Metode Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 11 2009/2010. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tresnawati, Erna. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP (online). Skripsi. Bandung: UPI. Diakses 10 November 2010 dari http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=859


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.