Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict Observe Explain Pada Mata Pelajaran Fisika SMP
Abstract
This research aimed to develop valid Student Worksheet (LKPD) based on Predict Observe Explain (POE) of light topic for eighth graders at junior high school. The researcher will also describe the attractiveness, easiness, and usefulness of LKPD based on POE developed. The study refers to the design of research and development (R & D) according to Sugiyono with the development procedure consists of the potential and problems, data collection, product design, product validation, product revision, and product testing. LKPD based on POE has been validated the design test with the score 3.74 (very appropriate) and the material test with the score 3.57 (very appropriate). LKPD based on POE has been developed were very attractive with the score 3,54, very easy with the score 3.57, and very useful with the score 3.72.
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Predict Observe Explain (POE) pada materi cahaya untuk siswa SMP kelas VIII yang tervalidasi. Peneliti juga akan mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan LKPD berbasis POE yang dikembangkan. Penelitian mengacu pada desain penelitian dan pengembangan (R&D) dengan prosedur pengembangan terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. LKPD berbasis POE ini telah tervalidasi uji desain dengan skor rata-rata 3,74 (sangat sesuai) dan uji materi dengan skor rata-rata 3,57 (sangat sesuai). LKPD berbasis POE yang dihasilkan sangat menarik dengan skor rerata 3,54, sangat mudah dengan rerata skor 3,57, dan sangat bermanfaat dengan rerata skor 3,72.
Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Predict Observe Explain, Penelitian Pengembangan.
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, S. A. P., Lesmono, D. A., dan Handono, S. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) Fisika berbasis POE Materi Gerak Harmonis Sederhana untuk Siswa Kelas X MAN 1 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(1), 1-7. (Online). Diakses melalui https://jurnal. unej.ac.id/index.php/fkipepro/ar ticle/view/6375 pada tanggal 28 Oktober 2017 pukul 09:26 WIB.
Apriliantika, P. 2012. Efektivitas Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada Materi Reaksi Oksidasi-Reduksi dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimpulkan dan Mengkomunikasikan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 21-31. (Online). Diakses melalui http://jurnal. fkip.unila.ac.id/index.php/JPF pada tanggal pada tanggal 17 Oktober 2017 pukul 03:40 WIB.
Ayvaci, H. S. 2013. Investigating The Effectiveness of Predict Observe Explain Strategy on Teaching Photo Electricity Topic. Journal of Baltic Science Education, 12(05), 548-564. [Online]. Di akses melalui https://www. researchgate.net/publication/287553583 pada tanggal 25 Oktober 2017 pukul 13:25 WIB.
Falah, S., Hartono, dan Yulianti, I., 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Listrik Dinamis berbasis POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa. Unnes Physics Education Journal, 6(2), 96-102. (Online). Diakses melalui https:// journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/16143 pada tanggal 25 Oktober 2017 pukul 13:07 WIB.
Fannie, R. D. dan Rohati. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8(1), 96-109. (Online). Diakses melalui https://onlinejournal. unja.ac.id/index.php/sainmatika/article/view/2226 pada tanggal 17 Oktober 2017 pukul 03:36 WIB.
Hsu, C. Y., Tsai, C. C., dan Liang, J. C. 2011. Facilitating preschoolers’ scientific knowledge construction via computer games regarding light and shadow: The effect of the prediction observation explanation (POE) strategy. Journal of Science Education and Technology. 20(5), 482-493. [Online]. Diakses melalui https:// www.learntechlib.org/p/167389 pada tanggal 17 Oktober 2017 pukul 14:00 WIB.
Indrawati dan Setiawan, W. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD. PPPPTK IPA, Bandung.
Janah, I. 2013. Pengembangan LKPD Berbasis POE pada Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 3 Welahan. Unnes Physics Education Journal, 2(2), 33-42. (Online). Diakses melalui http:// lib.unnes.ac.id/18686 pada tanggal 17 Oktober 2017 pukul 03:29 WIB.
Keeratichamroen, W. 2007. Using the Predict-Observe-Explain (POE) to Promote Student Learning of Tapioca Bomb and Chemical Reactions. Journal of Science Education and Technology, 4(5), 428-439. [Online]. Diakses melalui http://www.il.mahidol. ac.th/ pada tanggal 17 Oktober 2017 pukul 03:40 WIB.
Kibirige, I., Osodo, J., dan Tlala, K. M. 2014. The Effect of Predict-Observe-Explain Strategy on Learners' Misconceptions about Dissolved Salts. Mediterranean Journal of Soscial Science, 5(4), 300-310. [Online]. Diakses melalui www.mcser.org/journal/index.php/mjss pada tanggal 17 Oktober 2017 pukul 04:00 WIB.
Kusnandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.
Liew, C.W. 2004. The effectivenees of Predict-Observe-Explain Technique in Diagnosing Students’ Understanding of science and Identifying Their Level of Achievement: Curtin University of Technology. Science and Mathematics Education CentreI. [Online]. Diakses melalui http://hdl. handle.net/20.500.11937/2432 pada tanggal 17 Oktober 2017 pukul 03:50 WIB.
Majid, A. 2015. Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Ozdemir, H., Bag, H., dan Bilen, K. 2011. Effect of Laboratory Activities Designed Based on Prediction, Observation, Explanation (POE) Strategy on Pre Service Science Teachers’ Understanding of Acid Base Subject. Western Anatolia Journal of Educational Science, 169-174. [Online]. Diakses melalui http://web.deu.edu.tr/baed/giris/baed/ozel_sayi/169174.pdf pada tanggal 17 Oktober 2017 pukul 13:00 WIB.
Pratiwi, R. I., Nyeneng, I D. P., dan Wahyudi, I. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multiple Representations Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 11-22. (Online). Diakses melalui http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF pada tanggal pada tanggal 17 Oktober 2017 pukul 03:30 WIB.
Puriyandari, D., Saputro, A. N. C., dan Masyukri, M. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Prediction, Observation and Explanation (POE) dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKPD) untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 1 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 24-30. (Online). Diakses melalui http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3032 pada tanggal 25 Oktober 2017 pukul 13:07 WIB.
Putri, F. E. 2016. Pengembangan LKPD berbasis Predict Observe Explain (POE) pada Materi Fluida Statis di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 88-92. (Online). Diakses melalui http://jurnal. fkip.unila.ac.id/index.php/JPF pada tanggal pada tanggal 17 Oktober 2017 pukul 13:30 WIB.
Resita, I., Ertikanto, C., dan Suana, W. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Cahaya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 21-31. (Online). Diakses melalui http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/11058 pada tanggal pada tanggal 17 Oktober 2017 pukul 03:30 WIB.
Sudiadnyani, P., Sudana, D. N., dan Garminah, N. N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD di Kelurahan Banyuasri. Ejournal Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 1-9. (Online). Diakses melalui https:// ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/890 pada tanggal 17 Oktober 2017 pukul 04:00 WIB.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RdanD). Alfabeta, Bandung.
Suparno. 2007. Metode Pembelajaran IPA POE. (Online). Diakses melalui http://www.lembar-kerjasiswalenterakecil.com pada tanggal 31 Oktober 2017 pukul 08:00 WIB.
Suyanto, E. dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Universitas Lampung.
Syawaludin, A., Poerwanti, J. I. S., dan Hadiyah. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) IPA berbasis Predict, Observe, Explain (POE) di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 5(1), 1-8. (Online). Diakses melalui http://jurnal.fkip.uns.ac. id/index.php/pgsdsolo/article/view/10190 pada tanggal 17 Oktober 2017 pukul 03:53 WIB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.