Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA

Desti Anggistia, Eko Suyanto, I Dewa Putu Nyeneng

Abstract


The purpose of this study is to determine the effect of problem-based learning model on physics learning outcomes of high school students from cognitive, affective, and psychomotor. The sample of this research is students of class X MIA4 and X MIA6 SMAN 14 Bandarlampung which is amount 60 students. The research design used is Posttest Control Group Design. Data from the research result is tested using normality test and Independent Sample T-test. The result of learning of cognitive aspect in experiment class got average score that is 77 higher than control class that is equal to 67, in the affective aspect of experimental class get average value that is equal to 79 higher than control class that is equal to 74, and at the psychomotor aspect of the experimental class obtained an average score of 79 higher than the control class, that is equal to 71. Based on the result of data analysis, there is a significant influence on the problem-based learning model on physics learning outcomes of high school students from the cognitive, affective, and psychomotor aspect.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa SMA dari ranah kognitif, afektif,dan psikomotor. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA4 dan X MIA6 SMAN 14 Bandarlampung yang berjumlah 60 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Control Group Design. Data hasil uji penelitian diuji dengan analisis uji normalitas dan Independent Sample T-test. Hasil belajar ranah kognitif pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 77 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 67, pada ranah afektif kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 79 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 74, dan pada ranah psikomotor kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 79 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 71. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa SMA dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Fisika.


Full Text:

PDF

References


Dalem, I Putu Agastya. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 (3): 10-11.

Dewi, Sri. 2015. The Effect Of Student Metacognition Ability To Their Reasoning By Using Realistic Mathematical Education Approach At Secondary School Of Sakti Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 15 (3): 171.

Khairuddin. 2012. Pengaruh Model Problem Based Learning (Belajar Berdasarkan Masalah) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMAN 1 Ngaglik pada Pembelajaran Fisika Untuk Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika. 1 (3).

Maharani, Lucia Dewanti. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4 (3): 149.

Ngalimun, Muhammad Fauzani dan Ahmad Salabi. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Perdana, Fadel Rista. 2017. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning pada Materi Fluida Statis terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 5 (4): 48.

Purnamaningrum, Arifah. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi. 4 (3): 3-4.

Rahayu, Puspita Indah. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara Pembelajaran Menggunakan PBL dan Discovery Learning. Jurnal Pembelajaran Fisika. 3 (5): 2.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Group.

Simatupang, Mardiana Afriany dan Sehat Simatupang. 2015. Pe-ngaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Inpafi. 3 (1): 128.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.