Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Strategi REACT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA

Dwi Esti Kusumandari, Feriansyah Sesunan, Ismu Wahyudi

Abstract


The aims of this research are to know the influence of implementation of inquiry learning model by using REACT strategy to physics student learning outcomes and the difference of physics learning outcomes improvement between class applying inquiry learning model using REACT strategy and class using DI model. This research was conducted in SMA Negeri 1 Pringsewu, in 2018, with a pretest-posttest control group design study. Wilcoxon test results show that the implementation of inquiry learning model using REACT strategy has the significant effect on physics learning result of high school students with significance value 0,000. The results of the Independent Sample T-Test show that the class with inquiry learning model using the REACT strategy has a higher learning outcome of the class using the DI model, with N-gain 1,298 times greater than the N-gain class using the DI model.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri menggunakan strategi REACT terhadap hasil belajar fisika siswa SMA dan perbedaan peningkatan hasil belajar fisika antara kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri menggunakan strategi REACT dengan kelas yang menggunakan model DI. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Pringsewu, pada semester genap tahun 2018, dengan desain penelitian pretest posttest control group. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran inkuiri menggunakan strategi REACT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa SMA, dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan kelas dengan model pembelajaran inkuiri menggunakan strategi REACT memiliki peningkatan hasil belajar lebih tinggi dari kelas yang menggunakan model DI, dengan N-gain 1,298 kali lebih besar dari N-gain kelas yang menggunakan model DI.

 

Kata kunci: hasil belajar, inkuiri, strategi REACT


Full Text:

PDF

References


Abelta, G. A., Ertikanto, C., & Wahyudi, I. 2017. Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Melalui Pemahaman Konsep. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 (2): 93-104.

BSNP. 2007. Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Cahyono, B. A. D., Sutarto, & Mahardika, I. K. 2017. Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) disertai Media Video Kejadian Fisika terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA.

Choiriyah, E. N. J. I. 2017. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Pemahaman Relasional Siswa. E-Journal UIN Sunan Ampel.

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I W. 2013. Pengaruh Model Pem-belajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pen-didikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar. 3.

Fakhruriza, O. & Kartika, I. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP pada Materi Kalor. JRKPF UAD. 2 (2): 54-57.

Farid, A. & Nurhayati, S. 2013. Pengaruh Penerapan Strategi REACT terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI. Chemistry in Education (CiE). 3 (1): 36-42.

Fatmala, K., Churiyah, M., & Nora, E. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual REACT. JPBM.2 (1): 27-40.

Gulo, A. 2010. Penerapan Strategi REACT untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Fungsi di Kelas XI SMA Negeri 1 Kutapanjang. Jurnal Pendidikan Matematika Inspiratif.

Gunawan, I. & Palupi, A. R. 2015. Taksonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. E-journal IKIP PGRI Madiun. 2 (2): 16-40.

Hake, R.R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference; Boise, Idaho.

Ismaya, S. N., Subiki, & Harijanto. 2015. Penerapan Model Pembelajaran REACT terhadap Motivasi dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 4 (2): 121-127.

Kaliantin, R. W. 2014. Penerapan Model Pembelajaran REACT dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIIID SMPN 1 Karangploso Malang. Jurnal Ilmu Pendidikan. 23 (1): 46-52.

Latifah, S., Komikesari, H., & Ulum, M. 2017. Efektivitas Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains di SMP N 22 Bandar Lampung.Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika.8 (2).

Marlissa, I. & Widjayanti, D. B. 2015. Pengaruh Strategi REACT ditinjau dari Gaya Kognitf. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2 (2): 189.

Nurzaini, M. & Wasis. 2016. Penerap-an Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas X SMAN 1 Gedangan. Jurnal

Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 5 (2): 11-16.

Pratiwi, E., Hasyim, A., & Sudirman. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Pembelajaran Discovery di Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidik-an. 3 (2).

Rinaldo, A., Ertikanto, C., & Sesunan, F. 2017. Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Topik Pembiasan Cahaya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 (3): 115-124.

Selamet, K., Sadia, I. W., & Suma, K. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual REACT terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sukma, L. K. & Muliati S. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. 18 (1): 49-63.

Suminten, N. 2015. Strategi Pem-belajaran REACT dengan Pendekatan Inkuiri untuk Mengurangi Miskonsepsi Fisika Siswa. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika. 1 (2): 6-10.

Suryani & Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Wildani, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual REACT

terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA Kabupaten Pamekasan. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains .4 (1): 94-101.

Yuliana, Ertikanto, C., & Rosidin, U. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri dengan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Materi Hukum Newton. 5 (1): 47-60.

Yuliati, L. 2008. Model-Model Pembelajaran Fisika Teori dan Praktek. Malang: Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.