Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Metode Ekspositori Berbantuan Buku Siswa Dengan Metode Inquiry Berbantuan Lembar Kerja Siswa
Abstract
The process of knowledge formation is currently applied in some learning communication media that is designed, observed and controlled on a regular basis. Therefore, learning integrates several aspects that support each student's ability to learn. These three aspects have been implemented by the government in the 2013 curriculum, in which students' ability will be assessed in the affective, cognitive and psychomotor fields, as well as appropriate instructional techniques. In following up the implementation of curriculum 2013, the authors conducted a study that aims to determine the comparison of student physics learning outcomes using expository methods assisted student books with inquiry method assisted student worksheet. This research was conducted at SMPN 1 Martapura OKU-Timur with Purposive Sampling, where the research sample class VII E as experiment class I using inquiry method assisted student worksheet and class VII D as experiment class II using expository method assisted by students book. Then, the data of the research results are statistically processed and obtain the average conclusion of the students' physics learning outcomes in the affective, psychomotor and cognitive spheres. From the average of learning result, the value of affective and cognitive domain is 2.37 and 9.73, and the psychomotor domain is 4.91.
Proses pembentukan pengetahuan saat ini diterapkan dalam beberapa media komunikasi pembelajaran yang dirancang, diamati dan dikontrol secara teratur. Maka dari itu, pembelajaran mengintegrasikan beberapa aspek yang mendukung setiap kemampuan siswa dalam belajar. Ketiga aspek tersebut telah diterapkan oleh pemerintah dalam kurikulum 2013, dimana kemampuan siswa akan dinilai dalam ranah afektif, kognitif dan psikomotorik, serta teknik pembelajaran yang tepat. Dalam menindaklanjuti penerapan kurikulum 2013, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika siswa menggunakan metode ekspositori berbantuan buku siswa dengan metode inquiry berbantuan lembar kerja siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Martapura OKU-Timur dengan Purposive Sampling, dimana sampel penelitian kelas VII E sebagai kelas eksperimen1 yang menggunakan metode inquiry berbantuan lembar kerja siswa dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan metode ekspositori berbantuan buku siswa. Kemudian, data hasil penelitian diolah secara statistik dan memperoleh kesimpulan rata-rata hasil belajar fisika siswa dalam ranah afektif, psikomotorik dan kognitif. Dari rata-rata hasil belajar tersebut diperoleh nilai ranah afektif dan ranah kognitif sebesar 2,37 dan 9,73, serta untuk ranah psikomotorik sebesar 4,91.
Kata kunci: hasil belajar, metode inquiry berbantuan lembar kerja siswa, metode ekspositori berbantuan buku siswa.
Full Text:
PDFReferences
Baharudin & Wahyuni, E.Nur. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Chalish, Muhammad. 2011. Strategi Pembelajaran Berbasus Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Dirjen Mandikdasmen, Depdiknas.
Getty, J.C. 2009. Assesing Inquiry Learning a Circuit/Electronics Course. Makalah 39th ASEE/IEEE Frontier in Education Conference, San Antonio. Hlm. 18-21.
Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hidayat, Syamsir, Festiyed & A. Fauzi. 2012. Pengaruh Pemberian Assesment Essay Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Ekspositori dan Inkuiri di Kelas XI A SMAN 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 1, No.1, Hlm. 1-14.
Jacobsen, David.A, Paul Eggen & Donald Kauchak. 2009. Method for Teaching, Edisi Ke-8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khairani, Denny & Ritonga, Winsyahputra. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Kelas X Semester II SMA Negeri 14 Medan. Jurnal Inpafi, Vol. 3, No.4, Hlm. 1-6.
Khumairo, I S & Anggraeni, Mita. 2013. Studi Perbandingan Strategi Pembelajaran Ekspositori Dan Inkuiri Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII Dalam Percobaan Pemantulan Cahaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 2, No. 3, Hlm. 28-33.
Kurniawati, I.D., Wartono, & M. Diantoro. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 10, No. 1, Hlm. 36-46.
Laubach, T.A, L.A Elizondo, Patrick J. McCann & Shahryar Gilani. 2010. Quantum Dotting Thei Of Inquiry; A Guided Inquiry Approach to Teaching Nanotechnology. The Physics Teacher Journal University of Oklahoma, Vol. 48, No. 3, Hlm. 186-188.
Muclish, Masnur. 2010. Text Boox Writing: Dasar-Dasar Pemahamn, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Panjaitan, Simon & Manik, Efron. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Strategi Inkuiri Jurisprudensi Berbantuan LKS dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, Vol. 2, Edisi 1, Hlm. 17.
Pratiwi, Novia, M. Pasaribu & Amiruddin Kade. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Dolo. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, Vol. 1, No.4, Hlm. 1-6.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: AlphaBeta.
Sudiasa, I Wayan. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Kemampuan Numberik Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 45, Nomor 3, Hlm. 263-271.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: AlfaBeta.
Tarigan, Djago & Tarigan, H.Guntur. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.