Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System (LCDS) Materi Kinematika Gerak

M Khoirul Aulia, Agus Suyatna, Feriansyah Sesunan

Abstract


The development research aims to develop learning modules using LCDS program and describe the attractiveness, conveience, usefulness and effectiveness of learning modules LCDS. The research procedures include 11 stage are needs analysis, set goals, determine the subject matter, treatment, draft the initial, production prototype, evaluation, revision, the final documents, trials, and final program. The result of research conductedby 23 students the class in ten grade of SMA Negeri 7 Bandar Lampung showed that the learning module has an interesting, easy, useful, and effectiveto be used as the medium of learning 0.53.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran meggunakan program Learning Content Development System (LCDS) dan mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, serta keefektifan modul pembelajaran LCDS. Metode penelitian yang digunakan yaitu research and development atau penelitian pengembangan. Prosedur penelitian meliputi 11 tahapan yaitu analisis kebutuhan, merumuskan tujuan, menentukan pokok materi, treatment, membuat naskah awal, produksi prototipe, evaluasi, revisi, naskah akhir, uji coba, dan produk final. Hasil penelitian yang dilakukan oleh 25 peserta didik kelas X3 SMA N 7 Bandar Lampung menunjukkan bahwa modul pembelajaran memiliki kualitas menarik, mudah digunakan, bermanfaat, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran dengan memperoleh nilai normalitas gain rata-rata 0,53.

Kata kunci: Modul Pembelajaran, LCDS, Kinematika Gerak.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman., Liliasari., A Rusli, & Bruce Waldrip. 2011. Implementasi Pem-belajaran Berbasis Multirepresentasi untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Cakrawala Pendidikan, jurnal ilmiah pendidikan. Vol XXX (1).

Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar.Bahan Kuliah Online.Bandung: Direktori UPI.

Aremu, Ayotola. 2013. A Microsoft Learning Content Development System (LCDS) Based Learning Package for Electrical and Electronics TechnologyIssues on Acceptability and Usability in Nigeria.(Online),(http://pubs.sciepub.com/education1/2/2/), diakses 9 Oktober 2015.

Kurniawan, Deny, Suyatna, Agus, dan Wahyudi, Ismu. 2015. Pengembangan Modul Interaktif Menggunakan Learning Content Development System pada Materi Listrik Dinamis. Jurnalpembelajaran Fisika. (Online), Volume 3, No. 6.

Iqbal, Muhamad dan Taufani, Dani R. 2011. Membuat Konten E-learning dengan Microsoft Learning Content Development System(LCDS). Bandung: www.ciebal.web. id.(Online),(http://duniadownload.Com/pendidikan-sekolah/membuat-konten-e-learning-dengan-microsoft-learning-content-development-system-lcds.html), diakses 19 Juni 2015.

Mishra, P. dan M. J. Koehler. 2006. Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record. 6 (108): 1017-1054.

Mulyasa, E 2003.Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramadhan, Dian Syahri, Nyeneng, I Dewa Putu, dan Suyatna, Agus. 2014. Pengembangan Modul Interaktif Berbasis ICT Materi Pokok Gelombang dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika. (Online), Volume 2, No. 3.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kuali-tatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprawoto. 2009. Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul. (Online),http://www.scribd.com/doc/16554502/Mengembangkan-BahanAjar-dengan Menyusun-Modul. Diakses 22 November 2014.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 2009. Bandarlampung: Unila.

Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.