Analisis Kelistrikan Akibat Perbedaan Temperatur Sambungan Kawat Logam Tembaga dan Seng untuk Peraga Termoelektrik

lailatul nuzul syam, eko suyanto, wayan suana

Abstract


This study aimed to determine the effect of temperature on the connection of copper and zinc wire to electricity generated. Research with Experimental Research Design using copper wire and zinc metal pair with 6cm long. The tip of the wire is inserted into a container of hot and cold water then raises the temperature in hot water and sets the temperature on cold water that is 0C. the temperature of the hot water from 20,0C up to 100,0C within each experiment 2,0C. The seebeck voltage obtained at the connection of the copper and zinc wire is 0.1mV-0.83mV with the relative error of each measurement below 10%. The inner resistance generated by these visual aids is relatively fixed at 4999,978 ?. The resulting seeback coefficient of 0.011mV / 0C.This tool can be used to show the phenomenon of change of heat energy into electric energy


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh temperature pada sambungan kawat logam tembaga dan seng terhadap besaran kelistrikan yang dihasilkan. Penelitian ini bersifat Experimental Research Designmenggunakan pasangan kawat logam tembaga dengan seng dengan panjang lilitan 6cm. Ujung kawat tersebut dimasukan ke dalam wadah air panas dan dingin serta menaikkan suhu pada air panas dan menetapkan suhu pada air dingin yaitu 00C. suhu air panas dimulai 20,00C sampai dengan 100,00C dengan selisih setiap percobaan 2,00C. Tegangan seebeck yang diperoleh pada sambungan kawat tembaga dan seng adalah 0,1mV-1,03mV dengan kesalahan relatif tiap pengukuran dibawah 10%. Besar hambatan dalam alat peraga ini relative tetap yaitu sebesar 4999,978 ?. koefisien seeback yang dihasilkan sebesar 0,011 mV/0C. Alat ini dapat digunakan untuk menunjukkan fenomena perubahan energi panas menjadi energi listrik.

Kata Kunci:Kelistrikan, Koefisien Seebeck, dan Termoelektrik.


Full Text:

PDF

References


Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Me-ngembangkan Media Pembelajaran. Jakarta :Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Bueche, Federick J. 2006. Introduction to Physics for Scientist and Engineers Third Edition. New York: Mc Graw Hill Bool Company.

Culp, Archie W. 1996. Prinsip-Prinsip Konversi Energi. Jakarta: Erlangga.

Diasyari, Annisa. 2015. Analisis Elektromotansi Termal antara Pasangan Logam Aluminium, Nikrom dan Platina sebagai Termokopel. JurnalPengajaranfisika.Vol 2(3), 1-8.

Ependi, Selamat. 2016. Pengembangan Perangkat Konversi Energi Panas Menjadi Energi Listrik. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 4 (1) : 37-46.

Fatonah, Siti dan Prasetyo. 2014. Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Lestari, Linda Puji. 2006. Keefektifan Pembelajaran dengan Menggunakan AlatPeraga dan LKS. Jurnal Pendidikan. (Online) tersedia (http://digilib.unnes.ac.id.skripsi /archives/doc.pdf). Diakses 15 Januari 2015.

Oktorina, Handayani Dwi. 2006. Kajian Karakteristik Model Termoelektrik Untuk sistem Penyimpanan dingin. Jurnal Teknologi pertanian. (Online) tersedia (http://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/ 3483/1/F06dho_abstract.pd). Diakses pada 18 Juli 2017

Prasetyarini, Ayomi, Siska Desy Fatmaryanti, R. Wakhid Akhdinirwanto. 2013. Pemanfaatan Alat Peraga IPA untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Smp Negeri I Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi Vol 2 (1)

Pujianto.,Supardianingsih., Chasanah., dan Risdiyani. 2016. FISIKA. Jakarta: IntanPariwara.

Ramdini, Intan D.N. 2014. Thermoelectric Generator. Indonesian Jurnal of materials science. (Online), tersedia http://www.journal.batan.go.id . Diakses 20 April 2015.

Sutjahja, M. Inge. 2010. Penelitian Bahan Termoelektrik Bagi Aplikasi Konversi Energi dimasa Datang.Jurnal Maerial dan Energi Indonesia.(Online) tersedia http://jmei.phys.unpad.ac.id. Di-akses 17 Mei 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.