Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika SMA pada Materi Usaha dan Energi
Abstract
The aims of this research was to produce learning media based on android mobile learning as a supplement of physics learning on work and energy that is validated and describe interesting, easiness, and usefulness, and effectiveness. This research used development method according to Suyanto and Sartinem method with the stages of requirement analysis, resource identification, product specification identification, product development, internal test, external test, production. Based on the result of expert topic test and test of product design expert stated valid and the quality of instructional media is interesting, very easy, very useful, and effective.
Keywords: Android, Learning Media, Supplement, Effort and Energy
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mobile learning berbasis android sebagai suplemen pembelajaran fisika pada materi Usaha dan Energi yang tervalidasi dan mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan, serta keefektifannya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan menurut Suyanto dan Sartinem dengan tahapan analisi kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, produksi. Berdasarkan hasil uji ahli materi dan uji ahli desain, produk dinyatakan valid serta kualitas media pembelajaran yang menarik, sangat mudah, sangat bermanfaat, dan efektif.
Kata Kunci: Android, Media Pembelajaran, Suplemen, Usaha dan Energi
Full Text:
PDFReferences
Astra, I Made, Umiatin, dan Dian Ruharman. 2012. Aplikasi Mobile Learning Fisika dengan Menggunakan Adobe Flash sebagai Media Pembelajaran Pendukung. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 18. No. 2. (Online). Tersedia di http: jurnaldikbud.kemendikbud.go.id Diakses pada 6 Desember 2016
Iqbal, Muhammad. 2016. Perancangan Media Pembelajaran Aplikasi Fisika Pada Pokok Bahasan Fluida Statis untuk Siswa SMA Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol. 4. No. 2. Tersedia di http: jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi. Diakses pada 20 Juli 2017.
Listiaji, Prasetyo. (2015). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Gravitasi Newton untuk Siswa SMA. Diakses pada 6 Desember 2016
Polonia, Betti Ses Eka. 2014. Pengembangan Aplikasi Kamus Aplikasi Berbasis Android sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMA Pokok Bahasan Fluida Statis dan Kalor. Jurnal Online Universitas Negeri Malang Vol. 2. No. 1. (Online). Tersedia di http: jurnal-online.um.ac.id/data/artikel. Diakses pada 20 Juli 2017
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Siregar Evilene. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Purbasari, Rohmi Julia. 2013. Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang Vol. 1. No. 4. (Online). Tersedia di http: jurnal-online.um.ac.id/data/artikel. Diakses pada 20 Juli 2017
Purwantoro, Sugeng, Rahmawati Heni, dan Tharmizi Achmad. 201. Mobile Searching Obyek Wisata Pekanbaru Menggunakan Location Base Service
(LBS) Berbasis Android. Jurnal. Politeknik Caltex Riau. Vol. 1. No. 2. (Online) Tersedia di pdii.lipi.go.id. Diakses pada 6 Desember 2016
Rohinah. (2015). Pengembangan Aplikasi Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Android di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Anak Vol. 1. No. 2. (Online) Tersedia di http: ejournal.uin-suka.ac.id. Diakses pada 20 Juli 2017
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Septiawan, Arif Tri. 2012. Pengenalan dan Pembelajaran Cara Membaca AlQuran (Ilmu Tajwid) Berbasis Mobile Android. Jurnal Pendidikan Islam. (Online) Tersedia di http: eprints.ums.ac.id. Diakses pada tanggal 20 Juli 2017
Smaldino, Sharon E, Lowther Deborah L, Mims Clif, dan Russel James D. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.
Suyanto, Eko, dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.
Yuniati, Lukita. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Efek Doppler Sebagai Alat Bantu Dalam Pembelajaran Fisika Yang Menyenangkan. JP2F. Vol. 2. No. 2. (Online). http://id.portalgaruda.org. Diakses pada tanggal 6 Desember 2016
Yektyastuti, Resti., Jaslin Ikhsan. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Vol. 2. No. 1. (Online) Tersedia di journal.uny.ac.id/index.php. Diakses pada tanggal 20 Jui 2017
Zuliana dan Padli. 2013. Aplikasi Pusat Panggilan Tindakan Kriminal di Kota Medan Berbasis Android. Jurnal IAIN Sumatera Utara Medan. Vol. 1. No. 2. (Online). http:// id.portalgaruda.org. Diakses pada tanggal 6 Desember 2016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.