Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning pada Materi Fluida Statis terhadap Hasil Belajar Fisika

Fadel Rista Perdana, Chandra Ertikanto, Ismu Wahyudi

Abstract


This study aims to determine the effect of using student worksheet based problem based learning on static fluid material to physics learning outcomes and to improve physics study result.The subjects of this study are students of class XI IPA 6 and 5 SMAN 16 Bandarlampung as many as 64 students. The research design used is Pretest-Posttest Control Group Design. The test result of independent sample t-test obtained tcount>ttable (9.965> 1.670) and significance (0.000?0.05) mean that there is influence of learning result between experiment class and control class. The average N-gain value in the experimental class is 0.570, while 0.298 for the control class. This means a larger increase when viewed from the difference in average N-gain learning outcomes of experimental class physics with control classes.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis problem based learning pada materi fluida statis terhadap hasil belajar fisika dan untuk meningkatkan hasil belajar fisika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 dan 5 SMAN 16 Bandarlampung sebanyak 64 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil uji independent sample t-test didapatkan nilai thitung>ttabel (9,965>1,670) dan signifikansi (0,000?0,05) artinya terdapat pengaruh hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,570, sedangkan 0,298 untuk kelas kontrol. Artinya terjadi peningkatan yang lebih besar jika dilihat dari perbedaan rata-rata N-gain hasil belajar fisika kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Kata Kunci: fluida statis,hasil belajar fisika, lembar kerja siswa, problem based learning.



Full Text:

PDF

References


Dewantara, Dede. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA. Jurnal Paradigma. Vol. 11. No. 2: 41-44.(Online) dalam http://www.jurnal-paradigma.org.diakses pada 15 Mei 2017.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Karniawati, Ida dan Prima, Eka Cahya. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Elastisitas pada Siswa SMA. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 16. No. 1 : 179-183. (Online) dalam http://journal.fpmipa.upi.edu.diakses pada 18 Januari 2017.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan

Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Maulidiyahwarti, Galuh. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS SMA. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 1. No. 2 : 94-100.(Online) dalam http:// journal.um.ac.id. diakses pada 15 Mei 2017.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisma Guru edisi kedua. Depok: Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajran Inofatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

___________. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, Lusi Widayanti. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA MTS Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia. Vol. 17. No. 49 : 32-35. (Online) dalam http://pdm-mipa.ugm.ac.id.diakses pada 15 Mei 2017.

Wulandari, Bekti. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK.Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3. No.2 : 178-191.(Online) dalam http://journal.uny.ac.id.diakses pada 15 Mei 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.