PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN SISWA BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM II NEWTON

Soleha Soleha, Nengah Maharta, Undang Rosidin

Abstract


This research aims to develop and determine the feasibility and effectiveness of students supplementary book based on the multi representation of the Newton IIs law. The research design is research and development (R&D). The subject of the research is ten grades MIA 4 students of SMAN 13 Bandarlampung. The analysis of the results validation to determine the feasibility of the product shows that the students supplementary book is feasible to be used as media of learning based on expert evaluation of material with score 3,28 (very feasible), based on expert evaluation of language with score 3,04 (feasible) and based on expert evaluation the quality of presentation with score 3,53 (very feasible). It also was effective to be used as a media of learning because 78.31% of students reached the passing grade.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan dan keefektifan buku suplemen siswa berbasis multi representasi pada materi Hukum II Newton. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 4 di SMA Negeri 13 Bandarlampung. Hasil analisis validasi pakar untuk mengetahui kelayakan produk menunjukkan bahwa buku suplemen siswa yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan penilaian dengan perolehan skor untuk kelayakan isi 3,28 (sangat layak), kelayakan kebahasaan dengan skor 3,04 (layak), dan kelayakan kualitas penyajian dengan skor 3,53 (sangat layak). Buku suplemen siswa juga dinyatakan efektif digunakan sebagai bahan ajar karena 78,31% siswa telah mencapai KKM.

Kata kunci: buku suplemen siswa, multi representasi, Hukum II Newton


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Liliasari, A. Rusli, & Bruce Waldrip. 2011. Implementasi Pembelajaran Berbasis Multi Representasi untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Cakrawala Pendidikan. Vol. 30. No. 01.

Arifuddin. 2011. Pengaruh Penggunaan Buku Penunjang. (Online), (http://arifuddin-proposalptk. blogspot.com/2011/07/pengaruhpenggunaanbuku-penunjang.html), Diakses 25 Oktober 2016.

Arsyad, Azhar. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Finnajah, Mutamimmah., Kurniawan, Eko Setyadi., dan Fatmaryanti, Siska Desy. 2016. Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Multi Representasi Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI 2 SMA Negeri 1 Prembun Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Radiasi. Vol. 8 No.3.

Kemendiknas. 2005. Peraturan Menteri Penidikan Nasional Nomor 11 Pasal 2 tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kemendiknas. 2008. Peraturan Menteri Penidikan Nasional Nomor 02 Tahun 2008 Pasal 6 Ayat 2 dan 3 tentang Penggunaan Buku di Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rena. 2014. Pengaruh Buku Penunjang Sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo Palu. E Journal Geo-Tadulako UNTAD.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Treagust, David F. 2008. The role of multiple representations in learning science: enhancing students conceptual understanding and motivation. In Yew-Jin & Aik-Ling (Eds.). Science Education at The Nexus of Theory & Practice. RotterdamTaipei: Sense Publishers. pp:7-23.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP: Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.