PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ExCluSiVE UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Abstract
This study aims to produce a student worksheet based on ExCluSiVE learning models that is valid, attractive, easy to use, useful, and effective to increase students creative thinking skills. This study uses research and development methods. The result of design and content test shows that the product is very decent. Test of attractiveness, convenience, and usefulness performed by students, attractiveness of the results obtained with a score of 3.16 (interesting), the convenience with a score of 3.41 (very easy to use), and the usefulness with a score of 3.44 (very useful). Then, the effectiveness of the product has been tested and obtained the N-Gain score of 0,74 with high category in the experimental class.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis model pembelajaran ExCluSiVE yang valid, menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development. Telah dilakukan uji validasi yang terdiri dari uji ahli desain serta uji ahli materi dan produk dinyatakan valid serta layak digunakan. Uji kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan dilakukan oleh siswa dan diperoleh hasil kemenarikan dengan 3,16 (menarik), kemudahan dengan skor 3,41 (sangat mempermudah), dan kemanfaatan 3,44 (sangat bermanfaat). Kemudian dilakukan uji keefektifan produk dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,74 dengan kategori tinggi pada kelas eksperimen.
Kata Kunci: Berpikir Kreatif, LKPD, Model Pembelajaran ExCluSiVE, Optik, Pengembangan
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman. 2013. Identifikasi Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Fisika melalui Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi. Jurnal Pendidikan Progresif, Vol. 3(2), 65-72.
Abdurrahman, Tarmini, W., dan Kadaryanto, B. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berorientasi Kemampuan Metakognitif untuk Membentuk Karakter Literate dan Awareness bagi Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Rawan Bencana. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. UNS, Solo.
Arnyana, I.B. Putu. 2006. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, Vol. 3(1), 496-515.
Beladina, Suyitno, dan Kusni. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan LKPD terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), Vol. 2(3), 36-39.
Depdiknas. 2004. Pengertian Lembar Kerja Siswa. [online]. Tersedia: http://lenterakecil.com. Diakses 25 Oktober 2016.
Dewi, F. M. C., dan Abdurrahman. 2013. Perbandingan Perilaku Berkarakter Siswa antara Model Pembelajaran ExCluSiVE Berbasis Inkuiri dengan Verifikasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 1(7), 129-141.
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.
Pusfarini, Abdurrahman, dan Jalmo, Tri. 2016. Efektivitas LKPD Sains Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menumbuhkan Kecakapan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Progresif, Vol. 6(1), 86-96.
Rahayu, E., Susanto, dan Yulianti, D. 2011. Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 7(1), 106-110.
Subagyo, Y. Wiyanto dan Marwoto. 2008. Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Suhu dan Pemuaian. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.Vol. 5(1).
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.