PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN SISWA BERBASIS RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI FLUIDA DINAMIS
Abstract
This research aims to produce student supplement book based on the reciprocal teaching of the Dynamic Fluid topic that is validated, attractive, easy, useful and effective. This research uses research and development research method with One Shot Case Study research design. The developed product was tested by an expert consisting of expert design test and expert test of the topic with good result and the product stated "valid" and small group test to 26 students in XI IPA 1 class in the SMAN 1 Sumberejo, so that the result of the student supplement book are interesting with score 3.23, very simplify with score 3.27, and useful with a score of 3.25. In the product effectiveness test 80.77% of students have passed the KKM, so that the student supplement book developed has been tested effective used as a learning resource.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku suplemen siswa berbasis reciprocal teaching materi Fluida Dinamis yang tervalidasi, menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan desain penelitian One Shot Case Study. Produk yang dikembangkan diuji oleh ahli yang terdiri dari uji ahli desain dan uji ahli materi dengan hasil baik dan produk dinyatakan valid serta uji kelompok kecil yaitu 26 siswa kelas XI IPA 1 di SMAN 1 Sumberejo, sehingga diperoleh buku suplemen siswa menarik dengan skor 3,23, sangat mudah dengan skor 3,27, dan bermanfaat dengan skor 3,25. Pada uji keefektifan produk diperoleh 80,77 % siswa telah lulus KKM, sehingga buku suplemen siswa yang dikembangkan telah teruji efektif digunakan sebagai sumber belajar penunjang.
Kata kunci:Buku Suplemen Siswa, Fluida Dinamis, Reciprocal Teaching
Full Text:
PDFReferences
Efendi, Nur. 2013. Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching dipadukan Think Pair Share terhadap Peningkatan Kemampuan Metakognitif Belajar Biologi Siswa SMA Berkemampuan Akademik Berbeda di Sidoarjo. Jurnal Santiaji Pendidikan Vol. 3. No.2. (Online). Tersedia di http: ojs.unmas.ac.id. Diakses pada tanggal 14 November 2016.
Kurniasari, Dwi Astuti Dian. 2014. Pengembangan Buku Suplemen IPA Terpadu dengan Tema Pendengaran Kelas VII. Unnes Science Education Journal Vol. 1. No. 2. (Online). Tersedia di http: unnes.ac.id. Diakses pada tanggal 17 November 2016.
Nurwahidah, I. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbasis Kooperatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X. Unnes Science Education Journal Vol. 3. No.2. (Online). Tersedia di http: unnes.ac.id. Diakses pada tanggal 10 April 2017.
Primanda, Andrian. 2015. Pengembangan Suplemen Buku Siswa Materi Dinamika Gerak dengan Pendekatan Scientific. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 3. No. 3. (Online). Tersedia di http: jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses pada tanggal 24 April 2017.
Rena. 2014. Pengaruh Buku Penunjang sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo Palu. IPI Vol. 2. No. 3. (Online). Tersedia di http: id.portalgaruda.org. Diakses pada tanggal 6 Desember 2016.
Sahjat, Sumarni. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Kalor. Jurnal Pendidikan Vol. 13. No.1. (Online). Tersedia di http: ejournal.unkhair.ac.id. Diakses pada tanggal 20 April 2017.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suniana. 2016. Penerapan Pendekatan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bubon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika Vol. 1. No. 4. (Online). Tersedia di http: jim.unsyah.ac.id. Diakses pada tanggal 22 April 2017.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wibowo, Doddy Hendro. 2015. Penerapan Pengelompokkan Siswa Berdasarkan Prestasi. Jurnal Psikologi Undip Vol. 12. No. 5. Tersedia di http: ejornal.undip.ac.id. Diakses pada tanggal 20 April 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.