PENGEMBANGAN INSTRUMEN HOTS UNTUK MENGUKUR DIMENSI PENGETAHUAN IPA SISWA DI SMP
Abstract
The research objective of this development is to develop HOTS assesment an alternative instrument for the assessment of higher level thinking skills in science teaching in junior high school, and knows the KD, the indicators used to develop assessment instruments HOTS and characteristics of the instruments developed. This research was conducted at SMPN 22 Bandar Lampung using Research and Development (R&D) methods. The results of the analysis of questions that have been tested that matter had a reliability of 0.64% on multiple choice questions and 0.82% for the matter of essay categorized into questions that have a high level of reliability and have a good differentiator power on each item. HOTS instrument that developed have characteristics that are contextually related to daily life (realistic).
Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan instrumen asesmen HOTS sebagai instrumen alternatif untuk penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran IPA di SMP, serta mengetahui KD, indikator yang digunakan untuk mengembangkan instrumen asesmen HOTS dan karakteristik instrumen HOTS yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 22 Bandarlampung dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Hasil analisis soal yang telah diujikan yaitu soal memiliki reliabilitas sebesar 0,64% untuk soal pilihan jamak 0,82% untuk soal uraian dikategorikan ke dalam soal yang memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi dan memiliki daya pembeda yang baik pada setiap butir soalnya. Instrumen HOTS yang dikembangkan pun memiliki karakteristik HOTS yang bersifat kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan nyata (realistis).
Kata Kunci: Dimensi Pengetahuan, HOTS, Instrumen Asesmen
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Blooms Taxonom y of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, In.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asoka, Sutra. 2016. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 03 Tuntang Tentang Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Edu Jurnal. Tersedia di http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/9798/2/T1_202012016_Full%20text.pdf. Diakses pada 06 April 2017.
Dewi, Nastitisari. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kompleks Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping. Jurnal Edu Sains.Vol 8 No 1(online). Tersedia di http://journal.uinjkt. ac.id/index. php/ edusains. Diakses pada 20 April 2017.
Kadir, Abdul. 2015. Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-tadib. Vol 8 No 2 (online). Tersedia di http:// ejournal.iainkendari. ac.id. Diakses pada 16 Desember 2016.
Laily, Nur Rochmah. 2013. Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Soal Un Kimia Sma Rayon B Tahun 2012/2013. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 9 No 1. Tersedia di jurnal.uns wagati. ac.id/index.php /Euc lid/ article /download/323/203 (online). Diakses pada 20 April 2017.
Lestari, Sri. 2014. Pembelajaran Kontekstual Bermedia Objek Nyata pada Perkalian dan Pembagian untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Sains. Vol 2 No 4. Tersedia di download. portalgaruda.org/article.php?article=314536&val=4795&title (onlie). Diakses pada 06 Mei 2017.
Matondang, Zulkifli. 2009. Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. Vol 6 No 1. Tersedia di digilib.unimed.ac.id/.../Validitas%20dan%20reliabilitas%20suatu%20instrumen%20pe (online). Diakses pada 05 April 2017.
Noviana, Mufida. 2016. Pengembangan Instrumen Evaluasi Higher Order Thinking Skills Pada Materi Kingdom Plantae. Jurnal Pedagogi Hayati. Vol 1 No 1. Tersedia di ojs.umrah.ac.id/ind.php/pedagogihayati/article/download/37/37/. Diakses pada 05 Mei 2017.
OECD. 2015. PISA 2015: Science competencies for tomorrow world volume 1: Analysis. Rosewood. Drive: OECD
Pratiwi, Umi. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. Vol 1 No 1. Tersedia di http://jurnal.untirta. ac.id /index. php/JPPI/article/view /330 (online). Diakses pada 27 April 2017.
Purwanti, Muslikah. 2014. Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Menggunakan Microsoft Office Excel 2010. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol 07 No 1. Tersedia di http://journal.uny. ac.id/index.php/jpakun/article/viewFile/2710/2258. Diakses pada 05 April 2017.
Setiawan, Harianto. 2014. Soal Matematika Dalam Pisa Kaitannya Dengan Literasi Matematika Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Edukasi. Vol 1 No 4. Tersedia di http://jurnal.unej. ac.id/index. php/JEUJ. Diakses pada 01 April 2017.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Surapranata, Sumarna. 2005. Analisis,Validitas, Reliabilitas dan Interprestasi Hasil tes. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suryawati. 2012. Kualitas Tes dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Peluang. Vol 1 No 1 (online). Tersedia di www.jurnal. unsyiah.ac.id/peluang/ article/dow nload/1300 /1187. Diakses pada 27 April 2017.
Suyawati, Evi. 2013. Analisis Relevansi Materi Mata Kuliah Keilmuan Dan Keterampilan (Mkk) Dengan Materi Biologi Sma Berdasarkan Standar Isi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan. Tersedia di download. portalgaruda.org/articl e.php?article=291430&val=2291&title. Diakses pada 27 April 2017.
Ubaidillah, Mujib. 2016. Pengembangan Lkpd Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan berpikir Tingkat Tinggi. Vol 1 No 2. Jurnal Edu Fisika. Tersedia di onlinejournal.unja.ac. id/index.php/EDP/article/view/3425/2570. Diakses pada 06 Mei 2017.
Widodo, Tri. 2013. Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol 1 No 1. Tersedia di Journal.uny.ac.id/ind ex.php/cp/article/download/1269/pdf (online). Diakses pada 05 April 2017.
Zaini, Muhammad. 2015. Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi Menggunakan Model pembelajaran Berdasarkan Masalah. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 20 No 207. (online). Tersedia di http:// eprints.unlam.ac.id. Diakses pada 08 November 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.