PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA SMP BERBASIS MODEL COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING
Abstract
This study aims to produce a IPA practical guide on junior high school based models collaborative teamwork learning, attractive, easy to use, useful, and effective. This study uses research methods research and development or research development research design One Shot Case Study. Experts have tested the product consisting of design experts with the obtained test score of 3.50 (very decent), expert test material with material already good results. Test of the attractiveness, convenience and usefulness performed by students, attractiveness of the results obtained with a score of 3.14 (interesting), ease with a score of 3.09 (easy to use), and usefulness with a score of 3.17 (useful). Later tests were conducted with the results of product effectiveness 85.71% of students have reached KKM on the assessment of cognitive, psychomotor while at 100% of students have reached KKM.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan praktikum IPA SMP berbasis model collaborative teamwork learning yang tervalidasi, menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development atau penelitian pengembangan dengan desain penelitian One Shot Case Study. Telah dilakukan uji ahli produk yang terdiri dari uji ahli desain dengan diperoleh skor 3,50 (sangat layak), uji ahli materi dengan hasil materi sudah baik. Uji kemenarikan, kemudahan, dan kebermanfaatan dilakukan oleh siswa diperoleh hasil kemenarikan dengan skor 3,14 (menarik), kemudahan dengan skor 3,09 (mudah), dan kebermanfaatan dengan skor 3,17 (bermanfaat). Kemudian telah dilakukan uji keefektifan produk dengan hasil 85,71 % siswa telah mencapai KKM pada penilaian ranah kognitif, sementara pada ranah psikomotor 100% siswa telah mencapai KKM.
Kata kunci: Collaborative Teamwork Learning, Getaran dan Gelombang, Panduan Praktikum
Full Text:
PDFReferences
Alifah, Al. 2010. Collaborative Teamwork Learning (CTL) Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi pada MTs Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo. jurnal Varia Pendidikan Volume 22 Nomor 1 Halaman 39-48. (Online). Tersedia dihttp://pasca. undiksha.ac.id. diakses pada 12 Mei 2016.
Arifah, Isnaeni,. Maftukhin, Arif,. & Fatmaryanti, Siska Desy. 2014. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Mengoptimalkan Hands On Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika Volume 5 Nomor 1 Halaman 24-28. (Online). Tersedia di https://www.google.com/search? artikel.org. diakses pada 12 Mei 2016.
Arsika, Reza, & Ramadhan, M. Firman. 2015. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Lembar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Volume 1 Nomor 1 Halaman 10-18. (Online). Tersedia di https:// www.google. com/journal.co.id. diakses pada 12 Mei 2016.
Basri, Muhammad. 2012. Perancangan Pembelajaran. Bandarlampung: Unila.
Fadlillah, M. 2014. Implememntasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Frances, Mary. 2008. Stages of Group DevelopmentA Pcp Approach. Personal Construct Theory & Practice. [Online]. Tersedia di http://www.pcp-net.org. diakses pada 26 Oktober 2016.
Hartono, Zulaiha & Ibrahim, A. Rachman. 2014. Pengembangan Buku Panduan Praktikum Kimia Hidrokarbon Berbasis Keterampilan Proses Sains di SMA. Jurnal Pendidikan.Kimia Voume 1 Nomor 1 Halaman 8793. (Online). Tersedia di http://lib.unsri.ac.id. diakses pada 12 Mei 2016.
Jiwa, I Wayan Merta., Atmadja, Nengah Bawa., & Yudana, Made. 2013. Pengaruh Model Collaborative Teamwork Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Sosoilogi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Amlapura. e-Journal Pendidikan Ganesha Volume 4 Nomor 3 Halaman 119-126. (Online). Tersedia di http://119.252.161.254/ ejournal/index. diakses pada 12 Mei 2016.
Kemendikbud. 2013. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.(Online). Tersedia di http: //sdm.data.kemdikbud.gi.id. diakses pada 12 Mei 2016.
Kemendikbud. 2014. Peraturan Pemerintah Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. (Online). Tersedia di http://sdm.data.kemdikbud.gi.id. di-akses pada 12 Mei 2016.
Pannen, Paulina., Mustafa, Dina., & Sekar winahyu, Mestika. 2005. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: PAU-PAI-UT.
Patmasari, Ruliana., Sutarman., & Winarto. 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Volume 1 Nomor 1 Halaman 10-18. (Online). Tersedia di http://digilib.um.ac.id. diakses pada 12 Mei 2016.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thobroni, M. 2015. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.