PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Safura Rizki Azizah, Agus Suyatna, Ismu Wahyudi

Abstract


The purpose of this research is to know the influence of e-Learning with schoology to the study result on higher order thinking skills level. This method of this research is True Experimental Design, which is used Pretest-Postest Control Group Design. The data had been tested by using N-gain Analysis, Normality Test, Homogenity Test and Independent T-test. In this study research, there are experimental class 1 and experimental class 2, which are not chosen by randomly. In this research, both of experimental class have got treatment which is Blended Learning and Face to Face with the same intensity. The results of the test indicated Independent sample t-test by sig. 0.01 it means that there is the effect of the use of e-learning with schoology significantly to study result is also shew by the increased with N-gain of 0.619, that is the medium category.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-learning dengan schoology terhadap hasil belajar siswa level higher order thinking skill. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan jenis Pretest-posttest Control Group Design. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan Independent Sample T Test. Pada penelitian ini terdapat kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2, yang tidak dipilih secara random. Dalam penelitian ini pula, kedua kelas eksperimen mendapatkan treatment pembelajaran blended learning dan tatap muka dengan intensitas yang sama. Hasil penelitian yang ditunjukkan dari uji independent sample t test sebesar sig. 0,01 maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh penggunaan e-learning dengan schoology yang signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan N-gain 0,619, yaitu pada kategori sedang.

Kata kunci: E-learning, Hasil Belajar, Schoology



Full Text:

PDF

References


Aminoto, Tugiyo dan Hairul Pathoni. 2014. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. (Online), Vol 8,(1)

(http://www.google.co.id/download.portalgaruda.org), diakses 02 November 2016.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Holmberg, Borje. 1986. A Discipline of Distance Education. Jurnal of Distance Education. Vol. 1 (1) , 25-40

Juniarti, Rani Dwi. 2014. Pengembangan Media Mobile Learning dengan Aplikasi Schoology pada Pembelajaran Geografi Materi Hidrosfer kelas X SMA Negri 1 Karang-anyar. (Online), (http://www.Scholar-.google.co.id), diakses 01 November 2016.

Nurhasanah, eko suyanto dan wayan suana. 2016. E-Learning dengan Schoology sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Pem-belajaran Fisika, Vol. 4(2). (Online),(http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/11106), diakses 2 November 2016.

Poon, Joanna. 2013. Blended Learning : An Institutional Approach For Enhancing Students Learning Experiences. Journal of Online Leaning and Teaching. [Online] tersedia http://jolt.merlot.org/vol9no2-/poon_0613.htm. Diakses 7 November 2016

Putri, Ni Wayan Mei Ananda, Nyoman Jampel dan I Kadek Suartama. 2014. Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Jurnal Edutech Universitas Pendidi-kan Ganesha. Vol. 2 (1), 1-11.

Rovai, A.P., Jordan, H.M. 2004. Blended Learning and Sense of Community: A Comparative Analysis with Traditional and Fully Online Graduate Courses. [Online]. Journal International Review of Research in Open and Distance Learning, Vol. 5 (2), Available: http://www.irrodl-.org/index.php/irrodl/article-/viewFile/192/795.com.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran.Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Salma, Prawiladilaga, Dewi dan Eveline Siregar. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Jakarta : PT Fajar Interpratama Mandiri

Siahaan, Sudirman. 2003. E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.9 No.42, 303-321

Sjukur, B. Sulihin. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi (Online), Vol. 2(3),

(http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/1043-/844), diakses 13 Oktober 2016.

Sukiyasa, Kadek dan Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pen-didikan Vokasi, Vol. 3(128), http://www. scholar.google.co.id, di-akses 17 Oktober 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.