PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERGERAK DENGAN GAMBAR DIAM
Abstract
This research aims to determine the cognitive achievement of students after learning by using moving images and static images as well as describing the student's response. The study design used is one group pretest posttest design. This research has been conducted in SMA Negeri 1 Trimurjo, with class XI IPA 2 as the experimental class 1 using the moving image and XI IPA 4 as an experimental class 2 using the static images. Results of research on the class of moving images obtained an average value of posttest is 69.13 and N-gain of 0.64 with the medium category, is greater than learning outcomes class of static images with an average value of posttest is 53.3 and N-gain of 0.48 with the medium category. The positive response to the use of moving images is 97% and the positive response to the use of static images is 84%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa setelah pembelajaran menggunakan gambar bergerak dan gambar diam serta mendeskripsikan respons siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Penelitian ini telah dilakukan di SMA Negeri 1 Trimurjo, dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan gambar bergerak dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan gambar diam. Hasil penelitian pada kelas gambar bergerak diperoleh rata-rata posttest 69,13 dan N-gain 0,64 dengan kategori sedang, lebih besar daripada hasil belajar kelas gambar diam dengan rata-rata posttest 53,3 dan N-gain 0,48 dengan kategori sedang. Respons positif terhadap pemanfaatan gambar bergerak adalah 97% dan respons positif terhadap pemanfaatan gambar diam adalah 84%.
Kata Kunci: Gambar Bergerak, Gambar Diam, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Adinata, I Wayan., Maharta N,. & Nyeneng, I Dewa Putu. 2015. Pengembangan Komik Pembelajaran Fisika Berbasis Desain Grafis. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 3 (5), 15-16.
Ali, Irsan Taufik. 2011. Analisis Hubungan Implementasi Multimedia pada Learning Management System terhadap Kemampuan Mahasiswa dalam Penguasaan Materi Pembelajaran. Jurnal Sains dan Teknologi, Vol. 8 (10), 3-7.
Anggraini, D., Suyatna, A., & Sesunan, F. 2017. Studi Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa Antara Penggunaan Gambar Bergerak dengan Gambar Statis pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Pembelajaran Fisika,Vol. 5 (1), 67-68.
Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif. Bandung: Yrama Widya.
Hajiminawati, Yulianti. 2014. Penggunaan Media Film Bisu untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi. (Online). Tersedia dihttp://repository.upi.edu/id/eprint.16047. Diakses pada 03 November 2016.
Handayani, M. A. (2006). Studi Peran Film dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan. Vol. 11 (2), 176-186.
Ibrahim & Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Imanto, Teguh. 2007. Film sebagai Proses Keatif dalam Bahasa Gambar. Jurnal Komunikasi, Vol. 4 (1), 22-23.
Irawan, I. P. A. U., Sudiana, I. N., & Wendra, I. W. (2014). Penggunaan Film Bisu dengan Teknik Dubbing untuk Meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Dialog dalam Drama Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 2 Negara. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 2 (1), 45-47
Muhson, A. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 8 (2).
Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol. 8 (1), 20-24
Priyatno. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Jakarta: Buku Seri.
Sakti, I. 2013. Pengaruh Media Animasi Fisika dalam Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu. Prosiding SEMIRATA 2013, Vol. 1 (1), 64-65.
Sudibyo, Elok. 2010. Respon Siswa SLTP Khodijah Surabaya Terhadap Kegiatan Uji Coba Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 6 (2), 93-95.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.