PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

I Dewa Putu Agastya Dalem, I Dewa Putu Nyeneng, Wayan Suana

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of problem-based learning to improve learning outcomes physics class X SMA Negeri 1 Seputih Mataram. The samples used in the study were students of class X MIA 1 as an experimental class using problem-based learning model and class X MIA 2 as the control class using direct learning model. The method used is the pretest-posttest control group design. Data were tested using independent samples t-test. Based on the results obtained experimental class pretest and posttest 33.72 at 59.97 with an average increase of 26.25 learning outcomes and results obtained control class pretest and posttest 36.19 at 50.28 with an average increase learning outcomes by 14 09. Based on the test results the difference of learning outcomes using independent sample t-test of 0.000, it can be concluded that there are significant usage based learning model of the physics student learning outcomes.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Seputih Mataram. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Data yang diuji menggunakan uji independent sampel t-test. Berdasarkan hasil pretest kelas eksperimen diperoleh 33,72 dan posttest sebesar 59,97 dengan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 26,25 dan hasil pretest kelas kontrol diperoleh 36,19 dan posttest sebesar 50,28 dengan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 14,09. Berdasarkan hasil uji perbedaan hasil belajar menggunakan independent sampel t-test sebesar 0,000, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis terhadap hasil belajar fisika siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar Fisika, Hukum Newton tentang Gerak, Pembelajaran Berbasis Masalah.


Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufiq. 2009. Pembelajaran Berbasis Masalah (Online)(http://www. wawasan pendidikan.com /2016/01/ Pengertian Ciri-ciri Langkah-langkah dan Kelebihan serta Kekurangan Model Pembelajaran Problem Based Learning .html), diakses Tanggal 29 Mei 2016.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Handika, Ilham. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, Vol.1 (1), 85-93.

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist,Vol.1 (1), 47-56.

Juliawan, Didik. 2012. Pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan IPA, Vol.2 (1), 1-17.

Kharida,L.A. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol.5 (2), 83-89.

Komalasari, Kokom.2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Ngalimun.2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurun, Yunin. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3 (1), 125-141.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Setyorini,U. 2011. Penerapan Model Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia ,Vol. 7 (1), 52-56.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Srinivasan. 2007. Comparing Problem Based Learning with Case Based Learning: Effects of a Major Curricular Shift at Two Institutions. Journal of the Association of American Medical Colleges, Vol. 82 (1), 74-82.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, Bekti. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dtinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi,Vol. 3 (2), 178-191.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.