PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY MATERI GRAVITASI NEWTON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
The purpose of this research was to find out the Influence of E-Learning with Schoology on physics learning in Gravitacy Newton topic of the student study Result, and to describe the students understanding.This research was conducted in SMA Negeri 13Bandarlampung with the non-equivalent control group design. Data were tasted using independent sample T-test.The result of this research showed that studying using E-Learning with schoology has significant influence on student study achievement. The diffrences of average of N-gain in experimental class is 0.76 and control class is 0.66. The student concept understanding concept studying using schoology in understand concept category is 67.57%, lucky guess is 0%, not understand concept category is 30%, and misconcepty is 2.43%.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan E-Learning dengan Schoology dalam pembelajaran fisika materi Gravitasi Newton terhadap hasil belajar siswa, serta mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada materi Hukum Gravitasi Newton dalam pembelajaran menggunakan E-Learning dengan Schoology. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 13 Bandarlampung, dengan desain penelitian non-equivalent control group. Data tersebut diuji dengan menggunakan uji independent sample T-test.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan E-Learning dengan Schoology memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Adanya perbedaan rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,76 dan kelas kontrol 0,66. Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran menggunakan Schoology pada kategori paham konsep 67,57%, menebak 0%, kategori tidak paham konsep 30%, dan miskonsepsi 2,43%.
Kata kunci: E-Learning, Gravitasi Newton, Hasil Belajar, Pemahaman Konsep, Schoology
Full Text:
PDFReferences
Aminoto, Tugiyo., dan Pathoni, Hairul. 2014. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. Vol. 8 No. 1, 13-29. (Online). Tersedia di http://online.journal.unja.ac.id/index/php pada 28 September 2016.
Amiroh. 2013. Under E-Learning, Edmodo, Moodle and Schoology (Online). Tersedia di http://amiroh.web.id, di akses pada tanggal 29 September 2016.
Badan Litbang Kominfo. 2016. Kominfo Dorong Anak-anak Remaja Gunakan Internet untuk Membantu Pendidikan (Online). Tersedia di http:// Kementrian.Komunikasi.dan.Informatika.html diakses pada 20 September 2016.
Djamarah, Syaiful Bahri., dan Zain, Aswan. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Gunawan, Imam., dan Palupi, Angggarini Retno. 2016. Taksonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Jurnal IKIP PGRI. Vol 2 No.2, 98-117. (Online). Tersedia di http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id diakses pada 28 September 2016.
Juniarti, Rani Dwi. 2014. Pengembangan Media Mobile Learning dengan Aplikasi Schoology pada Pembelajaran Geografi Materi Hidrosfer Kelas X SMA Negeri 1 Karang anyar. Jurnal Pendidikan Geografi. Vol. 3 No. 1, 212-217. (Online). Tersedia di http://jurnal. fkip.uns.ac.id, diakses pada 28 September 2016.
Mustaqim, Tri Ade., Zulfiani., dan Herlanti, Yanti. 2014. Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Certainty of Response Index (CRI) pada Konsep Fotosintesis. Jurnal Pendidikan Biologi FITK UIN Syarif Hidayatullah.Vol VI No. 2, 146-152. (Online). Tersedia di http://Journal.uinjkt.ac.id, diakses pada 24 Oktober 2016.
Poon, Joanna. 2013. Blended Learning: An Institutional Approach For Enhancing Students Learning Experiences. Journal of Online Learning and Teaching. Vol 9 No.2, 271-288. [Online]. Tersedia di http://jolt.merlot.org/vol9no2poon_0613.html, diakses 27 September 2016.
Rusman, Deni Kurniawan., dan Riyana, Cepi. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rajawali Pers.
Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Siregar, Eveline., dan Nara, Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia
Syaefudin, Udin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wahyudi, Ismu., dan Maharta, Nengah. 2013. Pemahaman Konsep dan Miskonsepsi Fisika pada Guru Fisika SMA RSBI di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA Universitas Lampung. Vol. 14, No. 1, 18-32. (Online). Tersedia di http://download.portalgaruda.org, diakses pada 26 Oktober 2016.
Wayan, Mei Ananda Putri., Jampel, Nyoman., dan Suartama, Kadek. 2014.Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 1 Seririt. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 No. 1, 150-161 (Online). Tersedia di http://ejournal.undik sha.ac.id/index.php/JJTP/, diakses pada 26 Oktober 2016.
Yapici, Umit I., dan Akbayin, Hasan. 2012. The Effect of Blended Learning Model On High School Students Biology Achievement And On Their Attitudes Towards The Internet. The Turkish Online Journal Of Edeucational Technology Vol. 11 No. 2, 228-237. [Online]. Tersedia di http://eric.ed.gov, diakses pada 26 September 2016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.