STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA PENGGUNAAN GAMBAR BERGERAK DENGAN GAMBAR STATIS

Dian Anggraini, Agus Suyatna, Feriansyah Sesunan

Abstract


The purposes of this research were to determine the difference of learning outcome used dynamic images with static images and describe each of learning outcome. The samples in this research were students of class X in SMA Negeri 3 Kotabumi. The research was conducted used the one-group pretest-posttest design. Data were tested with N-gain analysis, normality test, homogeneity test and Mann-Whitney test. The results of Mann-Whitney test, asymp.sig value was 0.014, it can be stated that the average N-gain of learning outcomes used dynamic image is higher than the average N-gain of learning outcome of static image. Based on these result, there was the difference in learning outcome between two experimental classes. Beside that, there was an increasing of students learning outcome by medium category which used dynamic image as well as static image.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar berbantuan gambar bergerak dengan gambar statis dan mendiskripsikan masing-masing hasil belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Kotabumi. Penelitian dilakukan menggunakan one-group pretest-posttest design. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji Mann-Whitney. Hasil dari uji Mann-Whitney, nilai asymp. sig. yaitu 0,014, maka dapat dinyatakan rata-rata N-gain hasil belajar berbantuan gambar bergerak lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata N-gain hasil belajar berbantuan gambar statis. Sehingga dapat dikatakan, terdapat perbedaan hasil belajar antara kedua kelas eksperimen. Seain itu, hasil belajar siswa berbantuan gambar bergerak, maupun gambar statis mengalami peningkatan dengan kategori sedang.

Kata kunci: gambar bergerak, gambar statis, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Ardiyansyah, Muhammad. 2013. Keefektifan Gambar Statis, Gambar Dinamis Ball-and-Stick, dan Model Molekul Sederhana Dibuat dari Jarum Pentul pada Pembelajaran Bentuk dan Kepolaran Molekul. Jurnal Pendidikan Sains, 1 (3) 307-314.

Ariawan, I. P. W. 2014. Pengembangan Lkm Multi Representasi Berbantuan Geogebra Untuk Mening-katkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indo-nesia, 3 (1) 360-371.

Arsyad, azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Chiu, J. L., & Linn, M. C. 2014. Supporting Knowledge Integration In Chemistry With A Visualization-Enhanced Inquiry Unit. Journal Of Science Education And Technology, 23 (1) 37-58.

Djamarah dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismawati, D. A. dan Danang Tandyonomanu,. 2016. Pengembangan Media Video Animasi Untuk Mening-katkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Sub Pokok Baha-san Hubungan Antar Sudut Kelas Vii Smp Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendi-dikan, 10 (1).

Lin, Chih-cheng. 2009. Learning Action Verbs With Animation. The Jalt Call Journal 2009, 5 (3) 23-40.

Manalu, K. 2013. Gambar Diam Versus Animasi: Visualisasi Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Al-Irsyad, 3, 46-51.

Ryoo, K., & Linn, M. C. 2014. Designing Guidance For Interpreting Dynamic Visualizations: Generating Versus Reading Explanations. Journal of Research in Science Teaching, 51(2), 147-174.

Sakti, Indra., Yuniar Mega dan Eko Risdianto 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruc-tion) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10 (1) 1-10.

Sari, Ninuk Wahyunita dan Samawi Ahmad. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Slow Learner. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendi-dikan Luar Biasa, 1 (2) 140-144.

Soendari, Tjutju., Asri Puji dan Mulyani Ade. 2012. Pengaruh Media Animasi Komputer Terhadap Hasil Belajar Sains Anak Tunagrahita Ringan. Jassi Anakku, 8 (2), 94-99.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasi-nya. Jakarta: Rineka Cipta.

Zainur, Amin dan Sudarisman Suciati. 2011. Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Biologi dengan Model Kuantum Menggunakan Media Komik dan Media Animasi Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 8 (1) 282-289.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.