PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA SMA

Apri Dwi Sulistyo, abdurrahman abdurrahman, agus suyatna

Abstract


Learning media mobile learning has been designed to improve the effectiveness of learning temperature and heat material.The purposes of this study were to produce learning media based mobile learning using Schoology and describe the form of the attractiveness, convenience and expediency, and the effectiveness of the product.This study used Research and Development methods. The research design modified the development design Sugiyono.The results showed that the media has been developed were attractive, convenient, useful, and effectively to be used as a learning media.

Media pembelajaran mobile learning dibuat untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran pada materi suhu dan kalor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis mobile learning menggunakan schoology dan mendeskripsikan kelayakan berupa kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan, serta keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian, yaitu Research and Development atau penelitian dan pengembangan. Desain penelitian yang digunakan yaitu memodifikasi desain pengembangan Sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan menarik, mudah, bermanfaat dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: mobile learning, pengembangan, schoology

Full Text:

PDF

References


Aminoto, Tugiyo dan Hairul Pathoni. 2014. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. Vol. 8.(1), 13-29.

Hidayat, Arief. 2010. Pengembangan Aplikasi Mobile Learning (M-Learning) Menggunakan Teknologi Web Mobile. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol 1(1), 111-121

Juniarti. 2014. Pengembangan Media Mobile Learning Dengan Aplikasi Schoology pada Pembelajaran Geografi Materi Hidrosfer Kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Geografi.Vol.3 (1), 1-14

Noer, S.H. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi. UPI:. Tidak Diterbitkan

Prawiradilaga, S.D.dkk. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Putri, Ni Wayan. 2014. Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 (1), 1-11.

Setiawati, Nopita, Ika Kartika, Joko Purwanto. 2012. Pengembangan Mobile Learning (M-Learning) Berbasis Moodle Sebagai Daya Dukung Pembelajaran. Seminar Nasional Fisika dan Pendidiakan Fisika. Vol 3 (3), 178-186.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tamim. 2008. m-learning. (Online), https://mtamim.files.word press.com/2008/12/mlearn_tamim. pdf, diakses pada tanggal 21 November 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.