PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA
Abstract
This research has been conducted to develop learning module using Learning Content Development System (LCDS) program for simple harmonic motion and describe the interest, easiness, usefulness, and the effectiveness of LCDS learning module. The research method used research and development method. The procedures were consisted of eleven steps; needs analysis, set goals, determine the subject matter, treatment, draft the initial, production prototype, evaluation, revision, the final documents, trials, and final program. The results showed that the learning module were interest, easy, useful, and effective to be used as learning resources.
Penelitian ini telah dilaksanakan untuk mengembangkan modul pembelajaran menggunakan Learning Content Development System (LCDS) pada materi gerak harmonik sederhana, dan mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, serta keefektifan modul pembelajaran menggunakan LCDS. Metode penelitian yang digunakan yaitu research and development atau penelitian pengembangan. Prosedur penelitian meliputi sebelas tahapan yaitu analisis kebutuhan, merumuskan tujuan, menentukan pokok materi, treatment, membuat naskah awal, produksi prototipe, evaluasi, revisi, naskah akhir, uji coba, dan program final. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran memiliki kualitas menarik, mudah digunakan, bermanfaat, dan efektif digunakan sebagai sumber belajar.
Kata kunci: gerak harmonik sederhana, LCDS, modul pembelajaran, penelitian pengembangan
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Modul Interaktif Konsep Dasar Kerja Motor 4 Langkah Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tanjungkarang. Jurnal Pembelajaran. (Online), Vol. 1, No. 1.
Abdurrahman., Liliasari., A Rusli, & Bruce Waldrip. 2011. Implementasi Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Cakrawala Pendidikan, jurnal ilmiah pendidikan. Vol XXX (1).
Aremu, Ayotola. 2013. A Microsoft Learning Content Development System (LCDS) Based Learning Package for Electrical and Electronics Technology-Issues on Acceptability and Usability in Nigeria. (Online),(http://pubs.sciepub.com/ education/1/2/2/), diakses 9 Oktober 2015.
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Penulisan Modul. (Online), (http:// gurupembaharu.com/home/wpcontent/uploads/downloads/2011/02/26-05-A2-B-Penulisan-Modul.doc), diakses 19 Juni 2015.
Iqbal, Muhamad dan Taufani, Dani R. 2011. Membuat Konten E-learning dengan Microsoft Learning Content Development System (LCDS). Bandung: www.ciebal. web.id. (Online), (http://duniadownload.com/pendidikan-sekolah/membuat-konten-e-learning-dengan-microsoft-learning-content-development-system-lcds.html), diakses 19 Juni 2015.
Ramadhan, Dian Syahri. 2014. Pengembangan Modul Interaktif Berbasis ICT Materi Pokok Gelombang dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika. (Online), Volume 2, No. 3.
Sadiman.Arief, Rahardjo, Haryono, Anung, dan Rahardjito. 2011. Media Pendidikan, Pengetian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sinuraya, Motlan, dan Tarigan, Ratelit. 2012. Inovasi Strategi Pembelajaran Berbasis Metode Inkuiri dan Blended Learning Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNIMED. Jurnal Pendidikan Fisika. (Online), Vol 1, No 1.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suhandi, A., dan F. C. Wibowo. 2012. Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha Energi dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 1(8).
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandarlampung: Unila.
Yendri, Dodon. 2012. Blended Learning: Model Pembelajaran Kombinasi E-Learning dalam Pendidikan Jarak jauh. Jurnal Pendidikan. (Online), (http://fti. unand.ac.id/images/BlendedLearning.pdf), diakses 06 Desember 2015.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.