PEMANFAATAN MEDIA TIK TUTORIAL SEBAGAI KOMPLEMEN DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN ALAT UKUR DI SMP

Dwi Gunawan, Agus Suyatna, Feriansyah Sesunan

Abstract


The purposes of this study were to determine the increasing of cognitive learning outcomes of students and to describe the Science Process Skills (sps), the character, the activities, and students attitudes toward the use of ICT tutorial media as a demonstration complement on the learning of measurement tools. This research was conducted at the first semester of the academic year 2013/2014 at the Junior High School 1 Seputih Agung, Central Lampung and the design of this research was One-Shot Case Study. The results of this research showed that there is an increasing in cognitive learning outcomes of students, it can build the KPS of students, it can build the character of the students, it can increase the activities of the students, and it can increase a positive attitudes of the students.

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif, mendeskripsikan KPS, karakter, aktivitas dan sikap siswa terhadap pemanfaatan media TIK tutorial sebagai komplemen demonstrasi pada pembelajaran alat ukur. Penelitian ini dilakukan di semester ganjil pada tahun ajaran 2013/2014 di SMP Negeri 1 Seputih Agung, Lampung Tengah dan desain penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa, dapat membangun KPS siswa, dapat menumbuhkan karakter siswa, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan membangun sikap positif siswa.

Kata kunci:media tik tutorial, komplemen demonstrasi, hasil belajar, alat ukur


Full Text:

PDF

References


Arsyad. 2007. Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, Rayandra.2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP. Press.

Dimyanti. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Najib, A., Sulhadi, & Sopyan, A. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Virtual Laboratory untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. Vol. 2, No. 1.

Nuh, Usep. 2010. Fisika SMA Online: Keterampilan Proses Sains. Artikel Pendidikan. Tersedia : http://Fisika sma-online. Blog spot.com/2010/03/Keterampilan-Proses-Sains. html. Diakses pada 29 oktober 2012.

Oktivina, M., Suyatna, A., dan Viyanti. 2014. Pemanfaatan Media TIK Simulasi sebagai Komplemen Demonstrasi pada Pembelajaran Alat Ukur di SMP.Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 2, No. 1.

Purnomo, D., Suyanto, E., dan Viyanti. 2014. Pemanfaatan Media TIK Tutorial sebagai Komplemen Eksperimen pada Pembelajaran Alat Ukur di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 2, No. 4.

Rizkiyana., Suyatna, A., dan Viyanti. 2014. Pemanfaatan Media TIK Simulasi sebagai Komplemen Eksperimen pada Pembelajaran Alat Ukur di SMP.Jurnal pembelajaran Fisika. Vol. 2, No. 2.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman, A.S., Raharjo, R., Haryono,A.R. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatanya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siregar, D.N., Suyanto, E., dan Sesunan, F. 2014. Pemanfaatan Media TIK Tutorial sebagai Suplemen Demonstrasi pada Pembelajaran Alat Ukur di SMP.Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 2, No. 4.

Uno, Hamzah B. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.