PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

Rizky Syarifah Rosiati Hutagalung, Agus Suyatna, Nengah Maharta

Abstract


The aims of this research were producing Learning Modul by Using Learning Content Development System (LCDS) on impulse and momentum material, describing the attractiveness, the easiness, the expediency, and the effectiveness of product. This research method used research and development model adapted from product development procedure and product test according to Suyanto and Sartinem that were consisted of seven steps, includes need assesment, resourches identification, spesification identification, product development, internal test, external test, and production. The result of the external tests showed the attractivenesss value with the score is 3.23 (attractive), easiness is 3.31 (very easy), and expediency is 3.22 (useful). It was also effective to be used as a learning media because of the average value of the gain is 0.57 (medium classification).

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran menggunakan LCDS pada materi pokok impuls dan momentum, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, serta keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan yang diadaptasi dari prosedur pengembangan produk dan uji produk menurut Suyanto dan Sartinem yang terdiri dari 7 langkah, yaitu analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, dan produksi. Hasil uji eksternal menunjukkan nilai kemenarikan dengan skor 3,23 (menarik), kemudahan dengan skor 3,31 (sangat mempermudah), dan kemanfaatan dengan skor 3,22 (bermanfaat). Selain itu, produk yang dikembangkan efektif digunakan sebagai media pembelajaran karena rata-rata nilai gain berdasarkan hasil pretest dan posttest yaitu 0,57 (klasifikasi sedang).

Kata kunci: modul pembelajaran, learning content development system (LCDS), impuls dan momentum


Full Text:

PDF

References


Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan SK Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Noer, S.H. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. (Disertasi). UPI: Tidak Diterbitkan.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pem-belajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Santyasa, I Wayan. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (Makalah). IKIP Negeri Singaraja.

Saputra, Wawan; Bambang Eka Purnama; dan Endang Puji Rahayu. 2012. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Sentra Penelitian Engineering. Vol. 9 No 1.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sunantri, Asep. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, Universitas Lampung. Vol.4 No 1, Hlm 107-117.

Suprawoto, N.A. 2009. Mengembangkan Bahan Ajar dengan Mengembangkan Modul. http://www.scribd. com/doc/16554502/Mengembangkan-Bahan-Ajar-dengan-Menyusun-Modul. Diunduh tanggal 13 November 2015.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.

Wahyuni, Esti. 2009. Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Siswa Terhadap Pemerolehan Belajar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Volume 7 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.