PENGEMBANGAN LKS IPA TERPADU TOPIK CAHAYA DAN INDERA PENGLIHATAN MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING
Abstract
This research aims were to develop integrated science student worksheet in light and sense of sight topics using guided inquiry, describe the attractiveness, usefulness, the ease and the effectiveness of the product. The development procedures consisted of needs analysis, learning goals, main material, evaluation instruments, first product, evaluation, revision, product test, and final product. The final valid product were very attractive (3.27), easy (3.19), and very useful (3.26). Based on these result, it was showed that the Integrated science student worksheet which were developed using guided inquiry model was effective to be used, because 79.40% students passed the minimum standar of value (KKM).
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS IPA Terpadu topik cahaya dan indera penglihatan menggunakan model inkuiri terbimbing, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan, meliputi analisis kebutuhan, tujuan pembelajaran, pokok materi, alat ukur keberhasilan, produk awal, evaluasi, revisi, uji coba produk, dan produk final. Produk akhir sudah valid dengan klasifikasi sangat menarik (3,27), mudah digunakan (3,19), dan sudah sangat bermanfaat (3,26). LKS IPA Terpadu yang dikembangkan menggunakan model inkuiri terbimbing terbukti efektif untuk digunakan dengan 79,40% siswa telah tuntas KKM.
Kata kunci: cahaya dan indera penglihatan, inkuiri terbimbing, LKS.
Full Text:
PDFReferences
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Banchi, Heather & Randy Bell. 2008. The Many Levels of Inquiry. National Science Education Standards (NRC 1996). Washington DC: National Academy Press.
Depdiknas. 2006. Model Pembelajaran Tepadu IPA SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang.
Depdiknas. 2006. Permen Diknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Mirantika, Rizki. 2015. Pengem-bangan Modul Pembelajaran Materi Fluida Statis dengan Strategi Inkuiri Terbimbing. (Online), Jurnal, Vol. 3, No. 4, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/8727/5440), diakses 10 November 2015.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Putri, B.K. 2013. Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Tema Darah di SMPN 2 Tengaran. (Online), Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 2 (2), (http://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/jpii/2709), diakses 10 November 2015.
Sadiman, Arif S., R. Raharjo, Anung Haryono, Rahardjito. 2011. Media Pendidikan, Pengetian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV Rajawali.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sulistiyani. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa IPA Terpadu Bentuk Cut And Paste Tema Tekanan Zat Dalam Kehidupan Untuk Siswa SMP. (Online). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 2 (1), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/1820/1681), diakses 6 Maret 2015.
Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.